PEKANBARU- Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khususnya bidang kejaksaan telah dibuka sejak 11 November 2019 kemarin.

Mengingat banyaknya isu bahwa ada oknum yang mengaku dapat membantu meluluskan atau mempermudah masuk sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, UUng Abdul Syakur, menegaskan hal tersebut tidak benar, jika ada yang menawarkan segera laporkan.

Disampaikan pria yang biasa disapa Uung ini di Gedung Kejati Riau yang baru saja diresmikan pada hari Kamis (21/11/2019) siang, bahwa penerimaan calon PNS dilaksanakan secara obyektif, transparan, dan tidak dipungut biaya (gratis), khususnya untuk penerimaan jaksa.

"Untuk seleksi dan pendaftaran sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Saya mengimbau putra putri terbaik Riau yang berminat untuk menjadi jaksa, sesegera mungkin mendaftar sebagai calon Jaksa dan pegawai Kejaksaan yang memang untuk tahun ini kita memang cukup banyak menerima pegawai. Yaitu, sekitar 5.200orang," ujar KajatI.

Ia menegaskan, tidak ada peRcaloan atau backing menggunakan orang pada penerimaan calon jaksa, jika ada yang menawarkan, itu adalah kebohongan besar. ''Jangan percaya dengan isu akan ada oknum yang bisa meluluskan dalam penerimaan pegawai''.

"Apabila ada yang meminta-minta atau ada oknum yang mengatakan bisa memasukkan, itu bohong besar. Karena sistem tesnya juga dengan CAT seperti tahun lalu, dan yang menyelenggarakan adalah Kemenpan-RB. Sehingga ketika ada yang mengaku bisa, segera melaporkan ke saya. Itu bohong besar ya. Semua tanpa dipungut biaya, apalagi bagi putra putri terbaik. Kami berharap putra putri terbaik Riau jadi pimpinan Kejaksaan ke depan," tutupnya.

Untuk diketahui, pendaftaran CPNS pada bagian kejaksaan akan ditutup pada hari Minggu (24/11/2019) pukul 23.59 WIB mendatang.

Penerimaan untuk mengisi 30 jenis jabatan yang dialokasikan. Adapun penempatan kerja ada sebanyak 31 unit, salah satunya itu di Kejati Riau.

Dengan kualifikasi pendidikan dimulai dari tingkat SLTA hingga S1, dengan 4 kriteria pelamar. Yaitu pelamar kategori cum laude, disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, serta pelamar kategori umum. Proses pendaftaran dilakukan secara online di laman https://sscasn.bkn.go.id.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui Call Center, WA atau SMS ke Nomor : 0812 1998 1824 pada hari Senin hingga Jumat, pukul 08.30 hingga pukul 16.00 WIB, atau Grup Telegram CASN Kejaksaan RI 2019. ***