PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menerima kedatangan pengungsi Rohingya asal Myanmar dari Provinsi Aceh. Sejumlah 155 pengungsi ini ditempatkan di Wisma D'COP 2, Jalan Ciptasari, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Kamis (19/5/2022). Menurutnya, para pengungsi ini belum dipastikan akan tinggal sampai kapan di Kota Pekanbaru.

"Mereka sudah datang pada Rabu pagi dari Bandara SSK II Pekanbaru. Untuk berapa lamanya (tinggal di Pekanbaru, red) kita belum tahu," ujarnya.

Zulfahmi menerangkan, proses pemindahan pengungsi ini dimonitor langsung oleh Tim Kemenkopolhukam RI dan Tim Kemendagri serta Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri Pusat. Kesbangpol sudah berkoordinasi terlebih dahulu, saat menyiapkan lokasi sesuai dengan Perpres Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri.

Ia menjelaskan, para pengungsi ini baru saja tiba pada hari kemarin. Tentunya mereka akan menjalani sejumlah sosialisasi terkait aturan dan regulasi yang berlaku di Kota Pekanbaru dan Indonesia terlebih dahulu.

"Agar dapat berbaur dengan masyarakat, mereka kita berikan sosialisasi dulu terkait dengan regulasi dan kearifan lokal setempat," pungkasnya.***