PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan kembali mendistribusikan vaksin Covid-19 yang telah ditarik dari 28 rumah sakit dan seluruh Puskesmas di Kota Pekanbaru, beberapa hari lalu. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Jumat (11/6/2021).

Ia menjelaskan, penarikan ribuan dosis vaksin tersebut sebelumnya dilakukan untuk penyesuaian data antara Diskes Pekanbaru dan Rumah Sakit. Pasalnya, kesesuaian data ini penting agar dapat memberikan laporan yang tepat terkait kebutuhan vaksin di daerah kepada pusat.

"Kita menarik vaksin itu untuk pendataan. Kita tarik untuk membetulkan laporan, baru nanti akan kita berikan lagi vaksinnya ke rumah sakit dan Puskesmas," ujarnya.

Menurutnya, saat ini Pemko Pekanbaru masih memiliki sekitar 22.000 dosis vaksin yang siap untuk digunakan. Selanjutnya, ia meminta agar pihak rumah sakit atau fasilitas kesehatan dapat melakukan vaksinasi sesuai dengan data yang telah ada.

"Sekarang di gudang kita ada sekitar 22.000 vaksin lagi, ini siap dikirim lagi. Kita minta apa yang mereka (rumah sakit dan Puskesmas, red) lakukan sesuai dengan data yang kita buat," jelasnya.

Kemudian, ia juga meminta agar Dinas Kesehatan (Diskes) menyusun dan memilah laporan data secara terperinci. Hal ini untuk memudahkan Pemko Pekanbaru saat membuat laporan ke Pemerintah Pusat.

"Laporan yang sudah ada, dipilah-pilah lagi masing-masing, supaya kita lebih mudah membuat laporannya," pungkasnya. ***