SIAK SRI INDRAPURA - Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan menganggarkan dana sekitar Rp 5,2 miliar untuk program bantuan pendidikan atau beasiswa bagi mahasiswa asal Siak yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam daftar pengumuman, mahasiswa yang lulus seleksi penerima bantuan beasiswa ini berjumlah sekitar 2.500 orang dengan rincian jenjang D-IV/S1 sebanyak 2.318 orang, S2 sebanyak 39 orang, jenjang D-III sebanyak 130 orang dan dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau (UR)13 orang.

Kadis Pendidikan Kabupaten Siak, Lukman mengatakan nama-nama mahasiswa yang menerima program beasiswa tersebut, juga telah diumumkan melalui informasi tertulis yang ditempelkan/dipajang di dinding depan sebelah pintu masuk Kantor Disdikbud Siak.

“Untuk sistem penyalurannya, beasiswa ini akan langsung ditransfer ke rekening penerima masing-masing, sehingga mahasiswa penerima tidak repot-repot lagi mendatangi Kantor Disdikbud Siak,” kata Lukman.

Menyinggung soal besaran (nilai uang, red) beasiswa yang akan disalurkan kepada mahasiswa berprestasi tersebut, untuk di tahun 2019 ini jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan yang tahun 2018 lalu.

Hal itu dikarenakan adanya penambahan anggaran yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019.

Mahasiswa akan menerima beasiswa sesuai dengan jenjang pendidikannya, yakni bagi jenjang D-IV dan S1 sebesar Rp2 juta/orang, jenjang S2 Rp2.5 juta/orang, jenjang D-III Rp1,7 juta/orang. Sedangkan khusus untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran UR Rp22,7 juta/orang.

Saat verifikasi berkas, jumlah mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa sebanyak 2.570 orang. Namun, setelah diseleksi berkas yang dinyatakan memenuhi syarat dan lulus seleksi sebanyak 2.500 orang.

"Mahasiswa yang mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemkab Siak merupakan mahasiswa yang benar-benar berasal dari Kabupaten Siak, yang dibuktikan melalui KTP, KK, dan keterangan lainnya," ungkapnya lagi.***