SOLO - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Para-Atletik Indonesia, Slamet Widodo optimis tim asuhannya bisa menyumbangkan 36 medali emas pada ASEAN Para Games 2022 Solo. Kini, Slamet, panggilan akrabnya, terus mematangkan persiapan untuk bisa memenuhi target tersebut.

"Melihat kondisi persiapan para atlet semuanya dalam kondisi baik. Saat ini kita tengah dalam progres terus mematangkan latihan para atlet. Target sendiri kita 36 medali emas, tapi insyallah kita bisa lebih. Apalagi kita bermain di rumah sendiri," kata Slamet Widodo saat memantau latihan anak asuhnya di Stadion Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Solo, Selasa (28/6/2022) pagi.

Menurut Slamet, para atlet sendiri memiliki modal semangat yang tinggi usai menuai hasil postif di ajang Grand Prix Para-Atletik di Nottwil, Swiss, 26-28 Mei lalu. Pada uji coba tersebut, atlet para-atletik Indonesia berhasil membawa pulang enam medali emas.

Setengah lusin medali tersebut masing-masing didaulat oleh Saptoyogo Purnomo dari nomor lari 100 dan 200meter putra T37, Kharisma Evi Tiarani (lari 100m putri T42), Famini (Lempar cakram putri F56), Rica Oktavia (lompat jauh putri T20), dan Fauzi Purwo (lempar lembing putra F57).

Tak hanya itu, Indonesia juga meraih tiga medali perak melalui Jaenal Aripin (balap kursi roda 100m putra T54), Putri Aulia (lari 100m putri T13), Nur Ferry P. (lari 100m putra T47). Tambahan dua medali perunggu berhasil disabet oleh Fauzi Purwo L. (tolak peluru putra F57) dan Ni Made Aryanti P (lari 100m putri T12).

"Alhamdulilah hasil Grand Prix Para-Atletik di Nottwil, Swiss lalu memberikan semangat bagi anak-anak untuk menuju persiapan Asean Para Games nanti. Mereka sudah tidak sabar ingin menunjukkan prestasi terbaik di rumahnya sendiri," tambah Slamet.

Rasa optimis juga ditunjukkan atlet Saptoyogo Purnomo, dirinya yakin di Asean Para Games Solo 2022 nanti bisa mempersembahkan prestasi terbaik. Sapto sendiri akan turun di nomor lari 100 meter, 200 meter dan 400 meter putra.

"Persiapan sendiri tidak ada masalah, insyallah kita bisa memenuhi target medali di Asean Para Games Solo 2022 kali ini. Insyallah saya akan turun di 3 nomor yakni, 100, 200 dan 400 meter putra," kata Sapto. ***