BATAM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau melakukan kunjungan ke DPRD Kepulauan Riau guna mempelajari sekaligus pembentukan Perda Ketenagalistrikan. Kunjungan dilakukan oleh Komisi IV DPRD Riau.

Pertemuan antara Komisi IV DPRD Provinsi Riau ke DPRD Provinsi Kepulauan Riau dilaksanakan di Gedung Grha Kepri Batam, Selasa (29/1/2019).

Komisi IV DPRD Provinsi Riau yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Masgaul Yunus dan Sekretaris Komisi IV Yurjani Moga dan diterima oleh Wakil Ketua Komisi III Provinsi Kepulauan Riau Surya Makmur Nasution.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07032019/2jpg-7876.jpg

Adapun Komisi IV DPRD Provinsi Riau melaksanakan kunjungan ini khusus membahas Peraturan Daerah tentang implementasi ketenagalistrikan.

Dalam pemaparannya, pihak DPRD Provinsi Kepri menyebut bahwa dibentuknya Perda tersebut yaitu memberikan amanah dan kewenangan kepada Pemerintah Provinsi untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan kepada masyarakat yang belum memliki listrik sebagai bentuk pemerataan pembangunan ketenagalistrikan melalui anggaran APBD Provinsi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07032019/3jpg-7875.jpg

Selanjutnya memberikan kepastian hukum kepada pelaku usaha dalam menjalankan usaha dibidang ketenagalistrikan. Provinsi Riau membentuk Perda Ketenagalistrikan ini dengan tujuan agar dapat mengakomodir kebutuhan energi listrik dengan pemanfaatan energi baru yang ramah lingkungan untuk penyediaan tenaga listrik di daerah terpencil dan terluar.

''Kita juga mencari formulasi dan payung hukum pembentukan Perda Ketanagalistrikan supaya juga bisa diterapkan di Riau guna menunjang percepatan pemenuhan listrik bagi masyarakat,'' ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Masgaul Yunus.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/07032019/4jpg-7874.jpg

Dikatakan, Riau perlu mempercepat Perda Ketanagalistikan agar energi ini bisa dinikmati sampai ke pelosok desa.

''Selain itu, kita juga akan terus mengembangkan sumber sumber energi baru berupa energi terbarukan,'' tutupnya. (advertorial)