PEKANBARU – Kota Pekanbaru terpilih sebagai penyelengara event tahunan Cosplay Competition tingkat Nasional terbesar di Indonesia, yaitu Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP). Kegiiatan ini dilaksanakan di empat kota besar Indonesia, tepatnya di Yogyakarta dan Pekanbaru di bulan Maret. Kemudian disusul Malang dan Bandung di bulan April.

Berbeda dari kota lainnya yang pernah mengadakan ICGP tahun sebelumnya, tahun ini kota bertuah Pekanbaru menjadi kota tujuan baru untuk mengadakan ICGP sekaligus menjadi satu-satunya lokasi penyisihan ICGP 2020 untuk regional Pulau Sumatera.

Sanjaya Putra selaku penyelenggara ICGP Regional Sumatera mengaku biasanya ICGP diadakan di Medan, tapi tahun ini akan diadakan di Pekanbaru.

"Kita mau coba di Pekanbaru, karena ingin lebih banyak lagi menjaring bakat para Cosplayer se-Sumatera", imbuhnya, Kamis (9/1/2020).

Adanya ICGP di Ibukota Provinsi Riau ini tidak terlepas dari letak geografisnya yang strategis yang berada di tengah Pulau Sumatera. Sehingga akan memudahkan akomodasi serta menarik minat para Cosplayer dari Provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Lampung untuk datang.

Selain itu, pada tahun 2018 dan 2019, para Cosplayer Pekanbaru mendominasi ICGP Medan dengan keluar sebagai juara 1.

"Dua tahun berturut-turut ini mereka (cosplayer Pekanbaru) yang juara di Medan. Padahal yang ikut hanya satu perwakilan. Berarti kan disana ada potensi. Dan itu baru potensi Pekanbaru. Belum lagi dari kota lainnya di Sumatera", ujar pria yang sudah mengadakan ICGP Medan sejak 2015 ini.

Di sisi lain, Ryan yang merupakan seorang Cosplayer asal Sumatera Barat pun turut senang mendengar hal ini.

"Nggak apa-apa lah nempuh perjalanan darat 8 jam ke Pekanbaru. Daripada harus ke Pulau Jawa yang sudah pasti lebih jauh dan besar biayanya".

Selain itu, Reza, seorang penikmat budaya Jepang di Pekanbaru mengaku tidak sabar dengan adanya ICGP Pekanbaru.

"Pasti keren-keren kostum mereka. Kesempatan bagus bisa foto-foto bareng mereka".

Dalam kompetisi ICGP ini, pemenang dari setiap kota penyisihan akan dipertemukan dalam sebuah final pada Juni 2020 di Jakarta. Dan kemudian pemenang finalnya akan menjadi perwakilan Indonesia untuk bertanding melawan 40 negara dalam sebuah ajang Cosplay Competition tingkat dunia yaitu World Cosplay Summit (WCS) di Nagoya, Jepang.

Emi Takeya selaku Produser ICGP mengaku optimis tahun ini Indonesia bisa juara lagi.

"Ayo kita #INDONESIAJUARALAGI. Seperti dulu lagi"

Sebelumnya pada ajang yang sama WCS, Indonesia sudah meraih tiga kali meraih posisi runner up dan satu kali menjuarai kompetisi WCS. Menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang patut diperhitungkan dan menandakan besarnya bakat Cosplayer Indonesia. (rls)