PEKANBARU - Sebanyak enam titik panas (hotspot) terdeteksi di Provinsi Riau. Hotspot ini ditersebar di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis, sejak Rabu (8/1/2020) kemarin. Bahkan, dua kecamatan di daerah ini, yakni Kecamatan Dumai Barat dan Bengkalis juga menjadi langganan titik panas sejak seminggu terakhir ini.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan, bahwa enam titik panas yang berada pada level confidence lebih dari 50 persen dan 70 persen ini masih terpantau oleh satelit SNPP dan Terra saat update pukul 06.00 WIB, Kamis (9/1/2020) pagi.

"Dari enam titik panas ini, empat titiknya terdeteksi di Kecamatan Dumai Barat, yaitu satu titik dengan level confidence 56 persen, 64 persen, 74 persen, dan 86 persen. Lalu, sisanya dua titik di level confidence 57 persen dan 70 persen terdeteksi di Kecamatan Bengkalis," kata Sukisno di Pekanbaru, Kamis pagi.

Ia juga menjelaskan, apabila titik panas berada di level confidence di atas 70 persen, maka titik tersebut dapat diduga sebagai titik api.

"Jadi ada dua titik panas yang level tingkat kepercayaannya melebihi 70 persen, yaitu dua titik di Kecamatan Dumai Barat," tuturnya. ***