TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau merasa terbantu dengan adanya dua posko kesehatan dan satu unit mobil keliling yang disediakan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk memberikan pelayanan bagi korban kabut asap.


Rasa syukur dan terimakasih masyarakat Kuansing kepada RAPP disampaikan oleh Suman Hijar selaku Kepala Desa Koto Tuo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah usai berobat.


"Alhamdulillah, kita sangat terbantu dengan posko yang didirikan oleh PT RAPP. Terlebih saat ini perekonomian yang sulit dan berobat di klinik mahal," ujar Suman, Jumat (16/10/2015).


Ia berharap, posko keliling terus dilaksanakan oleh PT RAPP sampai kabut asap benar-benar hilang.

Ads

"Kita tidak hanya mendapatkan masker, tapi juga bisa mengobati penyakit yang disebabkan oleh kabut asap. Untuk itu, terimakasih buat PT RAPP," ujar Suman.


Hal senada juga disampaikan oleh Suwanto, warga Pangean yang sangat terbantu dengan posko kesehatan RAPP.


"Tidak hanya saya, tetapi keluarga dan tetangga bisa berobat gratis di posko ini. Kami sangat bersyukur ada perusahaan yang peduli dengan masyarakat," ujar Suwanto.


Ia juga mengapresiasi pembagian masker yang dilakukan PT RAPP. Sebab, walaupun terbilang murah namun susah untuk didapatkan.


Sementara itu, penanggungjawab posko kesehatan keliling, Ismed Inono menyatakan kegiatan ini merupakan bentuk nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat Kuansing, terutama yang berada di sekitar konsesi.


"Perusahaan punya tanggungjawab moral dalam membantu masyarakat, apalagi dengan situasi saat ini. Oleh karena itu, setelah membuka dua posko yakni di Pangean dan Baserah, kita mengadakan posko keliling," ujar Ismed.


Posko keliling ini, lanjut dia, setiap hari berpindah-pindah dari satu desa ke desa lainnya. Dengan fokus di tiga kecamatan, yakni Benai, Kuantan Tengah dan Gunung Toar.


"Mudah-mudahan, masyarakat bisa terbantu dan kabut asap segera berakhir. Kita akan tetap beroperasi selama kabut asap masih ada," pungkas Ismed.(***)