PEKANBARU, GORIAU.COM - Asa tinggi digantungkan paralimpian (julukan atlet cacat-red) renang Riau di Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV 2012. Tim yang berkekuatan 19 perenang ini mematok target minimal bisa meraih 17 emas pada ajang multi event atlet cacat se-Indonesia ini.


Target tersebut diusung pelatih tim renang Riau, Asri. Ia mengatakan, berdasarkan evaluasi dan target Ketua NPC Riau, maka untuk Peparnas kali ini cabang renang ditargerkan 17 emas. Target tersebut dinilai realitis mengingat pada Peparnas Kalimantan Timur 2008 lalu, tim renang Riau berhasil menyumbang 8 emas.


''Kita sudah melakukan berbagai evaluasi dan perkembangan atlet selama ini. Maka itu, sesuai dengan keinginan ketua maka cabor ini ditargetkan 17 emas. Saya rasa target tersebut cukup relitis mengingat Peparnas lalu dengan kekuatan empat atlet, kita bisa meraih 8 emas,'' ujarnya.


Dari 19 atlet tersebut meliputi 5 orang atlet putri yakni, Nur Asmidar, Melani Putri, Suci Andriani, Selsi Aprilia, Regina Masita dan 14 atlet putra yakni, Khairo Amali, Candra Eka Putra, Zambri, Ismail, Jailani, Alriayanto, Yogianto, Novriadi, Habibi Septian Nugraha, Jaki Zulkarnain, Rahmat, Robi Andika, Ade Putra Setiawan dan Riski Marlian.


Bagi Riau semua kontingen yang mengikuti cabor tersebut memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi yang terbaik, Jawa Tengah dan Papua akan menjadi salah satu pesaing berat bagi Riau. (nti/rsc)