JAKARTA - Suhu politik di internal Partai Amanat Nasional (PAN) semakin panas. Manuver-manuver politik menghiasi ketatnya persaingan menghadapi Kongres V untuk memperebutkan kursi ketua umum parpol berlambang matahari putih bersinar ini.

Ketua dan sekretaris dari 34 DPD PAN, Anggota DPRD Propinsi, serta DPW PAN Jawa Timur (Jatim), Sabtu 11 Januari menggelar acara silahturahmi dengan Calon Ketua Umum-Sekjen PAN Mulfachri Harahap-Hanafi Rais di Hotel Shangrila, Surabaya.

Silahturahmi yang dibuka oleh sekretaris DPW PAN Jatim Basuki Babussalam, silaturahmi berlangsung penuh kehangatan. Dalam kesempatan silahturahi tersebut, terjadi dialog sepanjang acara yang membedah pokok pikiran calon ketua umum dan calon sekjen. Bahkan beberapa ketua DPD PAN menyampaikan harapan dan pertanyaan kritis pada kedua calon pasangan.

Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk dalam sambutan pembukanya menegaskan, Jawa Timur mendukung penuh Mufachri-Hanafi. Lebih lanjut Masfuk mengatakan, sebagai kader partai kita harus taat pada ibu kandung partai yang melahirkan PAN yakni Pak Amien Rais, ikuti dan patuhi orang tua kita maka kita akan selamat.

"Kita ingin mencari pemimpin yang jelas. Untuk itu Pak Amien Rais telah memberi petunjuk karena lebih memahami persoalan lebih jauh dari pada kita, maka insha Allah petunjuk Pak Amien tidak salah," kata Masfuk, Minggu (12/1/2020).

"Apalagi beliau selalu menunjukkan jalan agar menjauhi syirik politik. Sebagai kader Jatim sami’na wa ato’na dengan pendiri partai," tambahnya.

Masfuk menegaskan, Jawa Timur akan patuh pada petunjuk orang tua yang melahirkan kita melalui PAN, dan dengan begitu DPW PAN Jawa Timur Sholid. "solidnya pakai Shad ya……" katanya disambut gelak tawa.

Masfuk juga menyampaikan, silaturahmi ini dihadiri juga Ketua DPW PAN Daerah Istimewa Yogyakarta, seluruh DPD PAN se DIY dan Beberapa Ketua DPD PAN se-Gorontalo.

Menyinggung jumlah DPD yang hadir yaitu 34 DPD dan absen 4 DPD lagi, Masfuk berjanji akan membawa keempat DPD itu untuk mengakhiri thawaf, dan bersiap melempar jumrah dengan menetapkan pilihannya kepada Mulfachri-Hanafi.

Dukungan ini pun disambut tepuk tangan dan seluruh pendukung serentak menyerukan yel-yel kemenangan Mulfachri-Hanafi.

Ketua Tim Pemenangan, Rizki sadiq menyampaikan, pasangan Mulfachri-Hanafi merupakan ijtihad politik yang belum pernah dilakukan sebelumnya, dan ini merupakan sebuah komitmen yang dibangun oleh Mulfachri.

Silaturahmi ini dilanjutkan dengan dialog terbuka yang semakin memantapkan pilihan Jawa Timur bahwa Mulfachri memang pilihan tepat untuk memimpin PAN kedepan.

Silaturrahmi dihadiri empat anggota DPR RI PAN asal Jawa Timur yaitu; Sungkono, Prof. Zaenudin Maliki, Abdul Hakim Bafaqih dan Riski Sadiq, sekretaris Fraksi PAN DPR Ahmad Yohan, fungsionaris DPP PAN Euis Fatayati, Chandra Tirta, Andi Anzhar.***