JAKARTA - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) saat berbuka puasa bersama dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), para pejabat petinggi negara serta para tokoh, melontarkan curhat colongan (Curcol) seputar politik.

Mulai dari persoalan internal partai hingga, hingga candaan soal politik, semua diungkapkan Ketua Umum Partai Hanura itu berpidato di depan Jokowi.

OSO juga menegaskan, meski partainya kalah di Pemilu Serentak 2019, tetapi Ia mengaku senang karena capres 01 Jokowi - Ma'ruf menang mutlak versi quick count. "Nggak apa-apa Hanura kalah, yang penting presiden-nya menang," curhat OSO disambut tawa Presiden Jokowi dan para tamu undangan tersenyum, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Dengan menggunakan batik yang bercorak sama dengan para Ketua DPD Partai Hanura yang hadir, OSO kembali melontarkan curhatannya.

"Baju saya yang saya pakai ini adalah baju Hanura. Jadi, kalau Hanura kalah jangan salahkan saya. Salahkan Wiranto Hehe...," ucap OSO dan lagi-lagi membuat Presiden Jokowi tak bisa menahan tawanya.

Tak hanya itu, pria berlatarbelakang pengusaha ini juga membeberkan cerita ketika Presiden Jokowi diundang buka bersama dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

"Kalau kemarin pak Ketua MPR (Zulkifli Hasan) bilang Meski tidak mendukung 01 tapi tetap damai dan bisa duduk dengan Presiden, Nah disini saya tegaskan Justru pak presiden ini yang saya bangga tetap mau datang dan merangkul ke lawannya Di Pilpres (2019)," beber OSO diiringi senyum Zulkifli Hasan yang mendengarkan pidatonya.

Belum berhenti disitu, OSO juga menceritakan saat dirinya ditekel agar tak bisa mencalonkan diri sebagai Caleg DPD RI Dapil Kalimantan Barat.

"Bapak presiden, ini adalah buka Bersama terakhir saya sebagai Ketua DPD. Karena meski sudah menang di pengadilan, saya tetap tidak bisa maju lagi (Caleg DPD RI). Inilah Akibat dari putusan MK (Mahkamah Konstitusi). Dan mana berani MK datang hari ini hehe," tandas OSO. ***