PEKANBARU, GORIAU.COM - Orang Riau harus meningkatkan kewaspadaan hingga dua minggu mendatang. Pasalnya, curah hujan akan sangat tinggi dan akan menyebabkan banjir dimana-mana. Bukan itu saja, angin kencang juga akan berpacu saat datangnya hujan.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi, tingginya curah hujan ini akan terjadi merata di seluruh wilayah Riau.


''Kondisi ini bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi dengan terjadinya banjir di beberapa tempat,'' ujar staf Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Warih Budi Lestari, Senin (18/2/2013).


BMKG juga mengingatkan masyarakat Riau meningkatkan kewaspadaan sebab musibah bisa terjadi kapan saja. Dan sebagai gambaran, potensi hujan ini cenderung terjadi malam, sore, dini hari, pagi dengan intensitas berbeda.


"Sebagai daerah laluan, hujan lebat bisa saja terjadi, kadang-kadang disertai angin kencang. Ini disebabkan angin yang bertiup berasal dari derah Laut Aru itu yang sarat uap air. Selain Pekanbaru, konsentrasi hujan juga terjadi di wilayah Riau bagian Timur, Utara dan Tengah seperti Kampar," terang Warih. (rdi)