LOS ANGELES - Edwin Aldrin merupakan salah satu orang pertama mendarat di Bulan. Di usianya yang sudah sangat lanjut, 93 tahun, Aldrin menikah untuk keempatkalinya, pada Jumat (20/1/2023).

Dikutip dari Merdeka.com yang melansir Al Arabiya, Ahad (22/1/2023), astronot ini menikahi kekasih lamanya, Dr Anca Faur, dalam acara tertutup di Los Angeles.

"Pada hari ulang tahun saya ke-93 dan hari di mana saya diingat sebagai Legenda Hidup Penerbangan, saya dengan senang mengumumkan bahwa cinta lama saya Dr Anca Faur dan saya telah menikah," jelas Aldrin di Twitter.

"Kami mengikuti pemberkatan suci dalam upacara tertutup sederhana di Los Angeles dan sama gembiranya seperti remaja yang kawin lari," lanjutnya, dikutip dari Al Arabiya, Ahad (22/1/2023).

Aldrin pertama kali menikah pada 1954 dengan Joan Archer dan pernikahan tersebut bertahan sampai 1974. Dia punya tiga anak yaitu James, Janice, dan Andrew.

Dia lalu menikahi Beverly Van Zile pada 1975 dan bercerai tiga tahun kemudian pada 1978.

Pernikahan ketiganya dengan Lois Driggs Cannon pada 1988. Bercerai pada 2012.

Aldrin terlibat dalam misi Apollo 11 yang terbang ke Bulan pada 1969 bersama komandan misi Neil Armstrong. Mereka menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan. Dia satu-satunya anggota misi Apollo 11 yang masih hidup.

Di Bulan, dia difoto oleh Armstrong sedang hormat pada bendera Amerika yang dikibarkan di permukaan Bulan, foto yang menimbulkan kontroversi.

Sebelum ikut dalam misi tersebut, Aldrin bertugas sebagai pilot tempur Angkatan Udara Amerika Serikat dalam Perang Korea.***