SIAK - Para pedagang serta pelaku usaha jasa di lingkungan Istana Siak Sri Indrapura terlihat sangat bersemangat sejak tadi pagi, Sabtu (14/11/2020). Sebab usaha mereka laris manis pada hari pertama Istana Siak dibuka sejak Pandemi Covid-19.

Yeni, salah seorang pedagang makanan dan minuman saat ditemui GoRiau.com mengaku hari ini jual beli dagangannya hampir sama dengan sebelum pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah hari ini karena banyak wisatawan yang datang, maka makanan dan minuman yang saya jual juga banyak diminati pengunjung. Hari pertama Istana Siak buka kami merasakan jual beli sama seperti sebelum Covid-19 ini," kata Yeni yang berjualan di depan Gedung Tengku Mahratu.

Dijelaskannya, saat Istana Siak ditutup karena kebijakan pemerintah agar tidak terjadi penularan virus Corona di Kabupaten Siak, ia hanya berjual beli Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu dalam sehari.

"Ini Alhamdulillah sekali, udah normal lagi. Jual beli bisa sampai 400 ribu sehari ini. Nanti kalau sudah ramai seperti ini wisatawan yang datang, mungkin saya akan pindah ke tempat lama berjualan. Dekat parkiran mobil itu," katanya dengan bahagia dan berterimakasih kepada Pemkab Siak yang sudah peduli dengan ekonomi masyarakat kecil.

Pemerintah Kabupaten Siak belum lama ini membuat kebijakan untuk membuka kembali Istana Siak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan kepada setiap pengunjung.

Tujuan dibukanya kembali Istana Siak dan seluruh objek wisata di Kabupaten Siak ini adalah untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat Siak, khususnya pelaku UMKM. ***