PEKANBARU - Sejumlah warga di Kecamatan Mandau, Bengkalis mengeluhkan program vaksinasi yang semakin sulit dicari. Bahkan, ada yang nekat pergi ke daerah tetangga, yakni Kota Dumai.

Salah seorang warga Duri, Zeqri, menceritakan dimana dia dan beberapa rekannya sudah mencari-cari informasi terkait vaksinasi di Kota Duri. Namun, sampai hari ini dia belum mendapatkan vaksin tersebut.

"Kami sudah berputar-putar dan bertanya-tanya kepada orang-orang, ternyata mereka juga mencari stok vaksin," ujarnya, Senin (23/8/2021).

Zeqri mengaku, dirinya sangat membutuhkan vaksin tersebut sebagai syarat utama melamar pekerjaan. Sebab, beberapa syarat administrasi mewajibkan masyarakat untuk menyertakan surat bukti vaksin.

"Mau lamar kerja saja yang ditanya surat vaksin, sementara vaksin sulit dicari, tolong kepada pemerintah perhatikan nasib kami," harapnya.

Selain untuk mengurus administrasi, Zeqri menuturkan beberapa temannya juga mencari vaksin karena diwajibkan untuk vaksin oleh perusahaan tempat mereka bekerja. "Makanya, orang-orang Duri sekarang sibuk nyari vaksin aja," tutupnya.

Selain Zeqri, salah seorang warga Duri lainnya, Dev, juga mengeluhkan hal yang sama. Dia sendiri bahkan sudah merental mobil untuk ikut vaksinasi di Kota Dumai. Namun, ternyata panitia hanya membatasi peserta untuk yang ber-KTP Dumai saja.

"Sudah ke Dumai, tapi ternyata harus KTP Dumai, kalau KTP Duri ini kan masuk wilayah Bengkalis, jadi vaksinnya cuma bisa di wilayah Bengkalis saja," katanya.

Menanggapi keluhan tersebut, Ketua Komisi V DPRD Riau, Eddy A Moh Yatim, meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) selaku leading sektor dalam program vaksinasi untuk memberi porsi lebih kepada Duri.

"Kita minta Dinkes tolong dibagi secara proposional, Duri itu kan masuk Bengkalis, diberi porsi lebih karena dari jumlah penduduk, Mandau dan Pinggir ini jauh lebih banyak ketimbang Bengkalis dan Bantan," katanya.

Sebagai informasi, Duri saat ini masih tercatat sebagai bagian dari Bengkalis. Untuk akses ke pusat pemerintahan, warga Duri harus menempuh perjalanan laut, via Sungai Pakning.

Sehingga membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari Duri menuju ke pusat pemerintahan di Bengkalis. Padahal lebih dari 40 persen penduduk Bengkalis berada di wilayah daratan (Mandau, Pinggir, dan Batin Solapan). ***