PEKANBARU - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Nasdem Provinsi Riau, Dedi Harianto Lubis, menegaskan pihaknya akan mempersiapkan kader terbaiknya untuk mengisi kekosongan kursi Wakil Wali Kota Dumai.

Meskipun demikian, kata Dedi, pihaknya sampai hari ini belum ada membahas apapun terkait usulan pengisian Wakil Wali Kota Dumai karena masih menunggu arahan dari DPP.

"Sampai hari ini kita belum ada pembahasan kesana, tapi kita pastikan NasDem akan mengusung kader terbaik kita untuk mengisi kursi Wakil Walikota Dumai. Siapa orangnya, nanti DPP NasDem yang akan memutuskan," ujar Dedi, Jumat (14/1/2022).

Terkait apakah ada kemungkinan Nasdem dan PPP untuk mengusulkan satu nama saja, Dedi menyebut sesuai mekanisme masing-masing partai akan mengusulkan satu nama, sehingga ada dua nama yang bakal dipilih oleh DPRD.

" PPP dan Nasdem usulkan nama yang sama itu bisa saja. Tapi tetap satu dari PPP dan satunya lagi dari NasDem. Kedua nama itu nanti yang akan diserahkan ke DPRD untuk dipilih," jelasnya.

Terkait sikap politik yang ditunjukkan oleh PPP, menurut Dedi Harianto Lubis itu hal yang biasa terjadi dalam dinamika politik. Namun, sesuai mekanismenya, tidak ada kewajiban kursi wakil walikota itu mesti di isi oleh kader PPP. Partai pengusung yang tergabung dalam koalisi memiliki hak yang sama.

" Soal sikap PPP, saya pikir hal yang biasa saja. Tentu mereka punya keinginan, sebagaimana keinginan yang sama dari NasDem. Kita lihat saja nanti dinamika dan kemana arahnya," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Riau, Syamsurizal, mengingatkan kepada Wali Kota Dumai, Paisal dan juga Partai Nasdem terkait kekosongan kursi Wakil Wali Kota Dumai.

Sebagai informasi, saat ini posisi Wawako Dumai masih dalam keadaan kosong pasca meninggalnya Amris. Pasangan Paisal-Amris sendiri berhasil memenangkan Pilkada Dumai dengan perahu Nasdem - PPP.

PPP, kata Syamsurizal, sudah mengusulkan Ketua DPC PPP Dumai, Samsul Bahri, untuk mengisi jabatan tersebut. Mengingat, Amris merupakan kader Partai PPP.

"PPP sudah mengusulkan Ketua DPC, dalam hal ini Pak Samsul Bahri, dan ini sudah berproses, tinggal persoalan administrasi dan persetujuan DPRD Dumai," kata Syamsurizal beberapa waktu lalu. ***