SELATPANJANG - Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau, telah melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, Selasa (7/2/2017). Harapan besar agar usulan Musrenbang dari 14 desa di Kecamatan Tebingtinggi Barat menjadi prioritas pembangunan di masa mendatang pun digantungkan kepada instansi terkait.

Kata Camat Tebingtinggi Barat Helfandi SE MSi, banyak kegiatan yang diusulkan desa dan kecamatan pada tahun 2017 ini. Diantaranya masalah jalan poros antar desa, penghubung ibukota kecamatan dengan kecamatan lain, dan beberapa infrastruktur lain. Ada juga kegiatan yang sebelumnya telah diusulkan namun belum terealisasi. Selain itu, pekerjaan lanjutan seperti jalan poros Alai - Mengkikip pun kembali diusulkan pada tahun ini.

"Yang jelas, kita berharap agar usulan Musrenbang kecamatan kali ini benar-benar bisa direalisasikan pada program prioritas setiap desa. Kegiatan Musrenbang jangan hanya sekedar seremonial belaka, tetapi bagaimana pembangunan bentuk fisik itu dirasakan oleh masyarakat secara langsung," kata Helfandi kepada GoRiau, Selasa malam.

Selain itu, kata laki-laki berkacamata ini, Ia berharap kedepannya Tebingtinggi Barat bisa menjadi efect percepatan pembangunan. Mengingat, Tebingtinggi Barat letaknya berdekatan dengan ibukota kabupaten. Selain itu, Tebingtinggi Barat juga merupakan kecamatan penyanggah menuju Ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru.

Di hadapan Said Hasyim, kepala OPD serta beberapa pihak yang hadir di Musrenbang, mantan Kabag Humas Setdakab Kepulauan Meranti itu juga memaparkan potensi yang ada di Tebingtinggi Barat. Salah satunya dengan keberadaan tasik nambus yang sampai saat ini belum disentuh dengan maksimal. Kata Helfandi, Tasik Nambus bisa dimanfaatkan sebagai pembangunan bidang pariwisata dan persediaan air bersih.

Untuk itu, kepada instansi terkait, Ia berharap potensi ini bisa dikembangkan sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan daerah Kepulauan Meranti itu sendiri.

"Kami mendorong SOPD terkait seperti PU, Disparpora dan Dinas LHK bisa bersinergi untuk menggesa pembangunan dan pengembangan potensi ini. Tentu sebagaimana kita harapkan bersama, pembangunan di Tebingtinggi Barat harus memperhatikan kearifan lokal yang ada di desa-desa dalam kecamatan," tambah Helfandi.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Tebingtinggi Barat ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim. Musrenbang dihadiri anggota legislatif Kepulauan Meranti Marhisyam, Edi Masyhudi, pimpinan SOPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, seluruh kepala desa, PKK, dan UPK desa di Kecamatan Tebingtinggi Barat. Kecamatan Tebingtinggi Barat ini merupakan kecamatan kedua melaksanakan Musrenbang setelah sebelumnya Musrenbang tingkat kecamatan dilaksanakan di Rangsang Barat, Senin (6/2/2017). *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini