SELATPANJANG – Bupati H Muhammad Adil resmi menutup pergelaran Musabaqoh Tilawatil Quran( MTQ) XIII Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti di Astaka Utama MTQ Desa Alai, Kecamatan Tebingtinggi Barat, pada Rabu (6/7/2022) malam.

Turut hadir Wabup AKBP ((Purn) H Asmar, Sekda Bambang Suprianto, Ketua DPRD, Ardiansyah, Ketua MUI, KH Dr Imam Ghozali, Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf Endik YH, Kapolres Meranti, AKBP Andi Yul LTG, Ketua PKK, Hj Rinarni dan Wakil PKK Hj. Ismiatun, serta sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Muhammad Adil dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan panitia penyelenggara atas suksesnya penyelenggaraan event religi tahunan ini.

"Sudah tentu semua ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Tebingtinggi Barat sebagai tuan rumah yang telah mengupayakan penyelenggaraan MTQ ke-13 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti yang sangat baik. Semoga penyelenggaraan MTQ ini akan jauh lebih baik lagi dapat terlaksana di tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Kemudian kata Adil, pelaksanaan MTQ ini tidak hanya sekedar ajang untuk mengukir prestasi semata melainkan lebih dari pada itu, yaitu sebagai sarana perekat rasa kebersamaan serta membangun kekuatan berdasarkan nilai-nilai islami dalam rangka menyongsong pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan tentram.

"Saya berharap pelaksanaan MTQ ke-13 Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti ini hendaknya tidak dipahami sebagai bentuk kompetisi, namun sesungguhnya merupakan salah satu momentum syiar Islam untuk lebih memasyarakatkan budaya baca, tulis dan pemahaman Al-Qur’an kepada masyarakat, agar kandungan nilai-nilainya dapat teraktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Lanjutnya, apabila hal tersebut sungguh-sungguh diupayakan, insha Allah suasana religius yang sangat terasa pada saat penyelenggaraan MTQ ini tidak berlalu ketika acara ini selesai.

"Namun tetap menjiwai seluruh dinamika kehidupan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti," ucapnya.

Untuk diketahui, dari 9 kecamatan yang mengikuti MTQ XIII Kabupaten Kepulauan Meranti ini, Kecamatan Tebingtinggi Barat keluar sebagai juara umum. Kemudian adapun qoriah terbaik MTQ XIII Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti atas nama Ainu Dhuha, pada Cabang Tilawah Golongan Dewasa. Qoriah terbaik tersebut dihadiahkan berupa menunaikan ibadah haji, kerja dan melanjutkan kuliah S2 gratis.

Kemudian Bupati Adil dan Wabup H Asmar serta Pimpinan Forkopimda melakukan pencabutan undian berhadiah sebagai penutup rangkaian acara MTQ yang dilaksanakan pada 2-6 Juli 2022 yang diikuti oleh 9 kecamatan tersebut.***