PULAU MERBAU, GORIAU.COM - Besarnya keinginan warga Pulau Merbau untuk menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, disambut baik oleh Wakil Bupati Meranti, Masrul Kasmy. Masrul meyakinkan bahwa pemerintah sudah mempertimbangkan untu Pulau Merbau pelaksanaan akan dilaksanakan tahun depan, 2014.


''Kita sudah pertimbangkan. Yang pasti, dengan ketulusan dan niat seluruh masyarakat untuk diadakan MTQ tingkat kabupaten tersebut, pemerintah kabupaten akan merestuinya,'' ujar Masrul Kasmy.


Wabup menambahkan, kalau masyarakat Pulau Merbau menyatakan siap menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten tersebut, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, akan memberikan kepercayaan itu, sebut Masrul.


Selain itu, Wabup juga menyampaikan agar seluruh masyarakat Pulau Merbau memanfaatkan momentum MTQ tingkat kecamatan ini agar bisa meningkatkan kegiatan keagamaan dalam aktifitas masyarakat sehari-hari.


Kemampuan membaca Al Qur’an harus terus ditingkatkan dengan baik. Terutama para generasi muda agar menjadi tumbuh sebagai insan yang kuat keimananya mengamalkan isi kandungan Alquran dan memprakltekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

''Dengan demikian, masyarakat harus mampu menjalankan kehidupan sesuai dengan nilai-nilaiyang terkandung dalam kitab suci Al Qur’an,” kata Masrul.


Pemerintah kata Masrul akan mendorong terlaksananya kegiatan MTQ di setiap tingkatan. Mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten. Pembinaan akan terus dilakukan bagaimana upaya kita untuk membumikan Al Qur’an secara menyeluruh di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kepada masyarakat diimbau untuk meneruskan Magrib mengaji sehingga Al Qur’an menjadi teladan bagi generasi muda, kini dan dimasa datang.


Pembukaan MTQ ke III tingkat Kecamatan Pulau Merbau berjalan cukup meriah. Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Masrul Kasmy MSi, hadir dengan sejumlah rombongan besar bersama para kepala satker dan disambut hangat oleh masyarakat.


Camat Pulau Merbau, Wan Abdul Malik SpdI, selaku penanggung jawab kegiatan MTQ ke III Kecamatan Pulau Merbau, juga mengapresiasi antusias dan kemeriahan MTQ yang berlangsung di Desa Kuala Merbau itu. (kpt)