KAMPAR, GORIAU.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar secara resmi melepas mobil layanan kesehatan gratis, sumbangsih PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), mengantisipasi dampak kabut asap yang melanda propinsi Riau beberapa waktu terakhir, Selasa (13/10), di Bangkinang, Kabupaten Kampar.


Pelepasan secara langsung dilakukan oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, dr Aris, didampingi Stakeholder Relations (SHR) RAPP, untuk wilayah Kampar dan Kuantan Singingi, Edy Yusuf, serta staf, Andrisman.


Dalam acara pelepasan tersebut, dr Aris menyambut baik tersedianya fasilitas mobil klinik untuk layanan kesehatan gratis dari RAPP yang akan berkeliling ke sejumlah desa di Kampar.


"Kita apresiasi dengan langkah RAPP dengan menyediakan mobil layanan kesehatan ini, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama untuk memeriksakan kesehatannya akibat dampak kabut asap, dan ini gratis," kata Aris.

Ads

Sebanyak 3 unit mobil layanan kesehatan gratis dari RAPP ini telah beroperasi sejak awal Oktober 2015 lalu di Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan dan Siak. Setiap mobil tersebut dilengkapi 1 orang dokter, 2 orang perawat dan relawan. Selain itu, berbagai peralatan medis seperti tabung oksigen, nebulizer, obat-obatan, vitamin dan masker juga disediakan di masing-masing mobil tersebut.


"Sama seperti di wilayah lainnya, dua mobil ini akan beroperasi kurang lebih selama satu bulan dan akan berkeliling ke desa-desa yang berada di Kampar," kata SHR Manager RAPP, Edy Yusuf.


Disampaikan Edy, mobil tersebut akan berkeliling di 5 Kecamatan yakni Kecamatan Gunung Sahilan yang meliputi Desa Gunung Sahilan, Desa Sahilan Darussalam, Desa Subarak, Desa Makmur Sejahtera, Desa Sungai Lipai, Desa Kebun Durian, Kecamatan Kampar Kiri yang meliputi Desa Kuntu, Desa Kuntu Darussalam, Desa Teluk Paman, Desa Teluk Paman Timur, Kecamatan Salo yang meliputi Desa Siabu, dan Kecamatan Bangkinang Kota.


Mobil layanan kesehatan gratis ini menjadi pelengkap adanya posko kesehatan yang didirikan RAPP di Desa Sei Lipai, Kecamatan Gunung Sahilan, Kampar. (rls)