PEKANBARU - Setelah sukses menggelar Expo selama 12 kali secara kontinu, kali ini Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Riau (Unri)  kembali menyapa generasi milenial di seluruh Indonesia dengan olimpiade tingkat nasional.

Menurut Ketua Pelaksana Hafidz Wandrifo, olimpiade tingkat nasional ini merupakan yang pertama kali diadakan pada tahun ini,  karena pada tahun sebelumnya olimpiade hanya dengan cakupan se Riau. 

Ia juga menyebutkan bahwa untuk pendaftaran MIPA expo ini yang hanya tinggal 5 hari karena untuk pendaftarannya sendiri sudah dibuka sejak 9 Desember 2018 sampai 9 Januri 2019. Ia juga mengatakan bahwa nantinya adanya perpanjangan waktu jika tidak tercapainya target jumlah peserta. 

"Saat ini pendaftaran online tersisa 5 hari lagi, kemungkinan nantinya adanya perpanjangan waktu,  namun kami belum bisa pastikan kapan," kata Hafidz di Unri (05/01/2018).

Selain itu ia juga menyebutkan bahwa ada beberapa mekanisme pendaftaran yang harus di ikuti calon peserta yaitu untuk pendaftaran dilakukan melaui laman web resmi mipaexpounri.id, kemudian cetak form pendaftaran registrasi ulang,  setelah itu transfer pembayaran uang pendaftaran sesuai dengan nomor rekening yang tertulis kemudian nantinya pada tanggal 19 Januari 2019 akan dilaksanakannya ujian online secara serentak.

Hafidz menyebutkan pada MIPA Expo yang ke 13 ini, adapun tema yang di angkat yaitu optimalisasi peran generasi milenial bidang sains dan teknologi di era revolusi 4.0.

Selain itu,  dalam olimpiade ini ada beberapa katagori yang bisa di ikuti oleh peserta yaitu olimpiade sains siswa, sains mahasiswa, lomba Ilmiah serta pesona sains siswa.

Dalam katagori sains siswa cakupannya adalah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  sederajad dengan tingkat regional Sumatera, adapun cabang perlombaannya yaitu matematika,  biologi,  fisika mekanika,  kebumian,  kimia,  ilmu komputer,  astronomi,  dan olimpiade sains islam.  Sedangkan untuk katagori mahasiswa, tingkatannya mencakup nasional dengan beberapa cabang perlombaan seperti matematika,  biologi,  fisika,  kimia dan ilmu komputer.

Tidak hanya itu, dalam MIPA expo ini juga ada lomba ilmiah dengan beberapa tingkatan yaitu,  untuk tingkatan nasional ada lomba karya tulis ilmiah nasional (LKTIN), dan esai.  Sedangkan untuk tingkat se Sumatera yaitu lomba penelitian ilmiah remaja dan teknologi tepat guna.  

Hafidz menyebutkan bahwa dalam mengikuti lomba ilmiah ini ada beberapa spesifikasinya salah satunya yaitu untuk peserta yang mengikuti lomba harus berbentuk tim minimal 3 orang anggota per tim. 

Ia juga menambahkan nantinya, bagi peserta tingkatan SMA atau SMK sederajat yang lolos final  akan adanya excursion, yang dimaksudkan disini adalah peserta yang lolos akan diajak berkeliling untuk mengenal kampus unri dan adanya kunjungan industri bagi mahasiswa yang lolos dalam semifinal. 

Lain halnya dengan olimpiade yang pendaftarannya hanya tinggal 5 hari, untuk Art Fest yang merupakan bagian dari MIPA expo juga membuat beberapa perlombaan untuk tingkat mahasiswa se Sumatera. Untuk pendaftarannya sendiri telah di buka sejak 10 Desember 2018 sampai 10 Februari 2019.

Adapun beberapa cabang lomba yang bisa di ikuti  yaitu teater,  akustik,  solois,  baca puisi,  mading 3D, fotografi, tari kreasi, masak kelembagaan dan musikalisasi puisi.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi web resmi FMIPA dan bagi peserta yang ingin mengikuti perlombaan selain olimpiade ini bisa langsung datang ke Unri tepatnya disekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA. ***