TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau telah menetapkan jadwal Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang akan dimulai pada 6 Februari sampai 6 Maret 2019 mendatang.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kuansing, Maisir, Musrenbang merupakan wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

"Proses penyusunan RKPD itu ada dua, yakni teknokratik dan partisipatif. Untuk teknokratik itu sudah disusun berdasarkan informasi dalam bentuk penyusunan rencana awal RKPD," ujar Kaban Bappeda Litbang melalui Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pemerintah Daerah Firdaendels, Jumat (1/2/2019) di Telukkuantan.

Dilanjutkan Firdaendels, untuk proses partisipatifnya sudah dimulai pada pelaksanaan Musrenbang tingkat desa dan forum konsultasi publik pada 31 Januari 2019. Setelah tingkat kecamatan, Musrenbang tingkat kabupaten akan dilaksanakan pada 20 Maret 2019 dan diakhiri dengan forum lintas perangkat daerah.

Ads
"Semua proses partisipatif ini akan menjadi bahan penyempurnaan terhadap rancangan awal RKPD Kuansing 2020," ujar Firdaendels didampingi Kasubbid Perencanaan dan Pendanaan Sujarwadi.

Dengan adanya Musrenbang ini, diharapkan seluruh pemangku kepentingan yang punya kompetensi terhadap usulan pembangunan agar berpartisipasi aktif. Sehingga, pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran.

"Tentunya, usulan mengacu pada sasaran dan prioritas pembangunan daerah. Sehingga, target-target indikator kinerja yang terdapat dalam RPJMD tercapai," ujar Firdaendels.

Adapun jadwal Musrenbang tingkat kecamatan akan dimulai dari Kecamatan Singingi Hilir pada 6 Februari. Pada 7 Februari akan dilaksanakan di Kecamatan Singingi.

Selanjutnya, Kecamatan Pucuk Rantau pada 11 Februari, Kuantan Tengah pada 12 Februari, Gunungtoar pada 13 Februari, Cerenti pada 14 Februari, Inuman pada 18 Februari dan Hulu Kuantan pada 21 Februari. Untuk Kecamatan Kuantan Mudik akan dilaksanakan pada 25 Februari, Kuantan Hilir Seberang pada 26 Februari dan Kuantan Hilir pada 27 Februari.

Musrenbang tingkat kecamatan di Benai akan dilaksanakan pada 28 Februari, Sentajo Raya pada 4 Maret, Logas Tanah Darat pada 5 Maret dan Pangean pada 6 Maret. ***