PEKANBARU - Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) kembali terkoreksi, salahsatu penyebabnya dikarenakan isu merebaknya virus corona yang gemparkan dunia sebulan terakhir ini.

"Mewabahnya virus corona ini sangat mempengaruhi, karena keberadaan virus ini menyebabkan dilarangnya proses ekspor impor untuk sementara," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Rabu (5/2/2020).

Sehingga, kata Defris, tidak heran jika ada penurunan harga TBS minggu ini. Sebab semua perusahaan pada CPO dan kernel juga mengalami penurunan.

Yang mana, untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp745,50 per kg, Sinar Mas Group mensalami penurunan sebesar Rp515,00 per kg, Astra Agra Grup mengalami penurunan sebesar Rp452,00 per kg, Asian Agri Grup mengalami penurunan sebesar Rp644,05 per kg dan PT Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp698,40 per kg dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan sebesar Rp737.27 per kg. Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp19 per kg, dan PT Citra Riau Sarana mengalami penurunan harga sebesar Rp540,82/Kg seperti harga miggu lalu.

"Sementara itu, harga TBS kelapa sawit di Riau pada periode saat ini menjadi Rp1.916,49 per Kg. Terjadi penurunan sebesar Rp147,73 per kg," tukasnya. ***