PEKANBARU - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali membuka langsung pergelaran even bergengsi bola voli Proliga 2020, di Gelanggang Remaja, Kota Pekanbaru, Jumat, (24/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan apresiasinya atas kesuksesan Persatuan Bola Voli Indonesia (PBVSI) menggelar kompetisi reguler ini untuk ke-19 kalinya.

"Pemerintah dan Kemenpora mengapresiasi pelaksanaan Proliga. Saya kira kompetisi ini adalah suatu hal yang luar biasa, karena tidak semua cabang olahraga (Cabor) bisa melakukannya," ujarnya.

Menurutnya, kompetisi reguler semacam Proliga merupakan pengasah bakat atlet untuk menjadi lebih baik dan unggul. Hal ini terbukti pada perolehan emas yang dibawa tim putra pada Sea Games yang lalu.

"Kompetisi adalah prasyarat kita untuk berprestasi. Sebagus apapun bakat atletnya jika tanpa kompetisi tentu tidak akan menghasilkan atlet yang bagus," pungkasnya.

Berdasarkan jadwal putaran pertama Proliga 2020 yang berlangsung di Kota Pekanbaru, pertandingan pertama pada Jumat (24/1) dimulai dengan pertandingan antara tim Jakarta Pertamina Energi vs Jakarta PGN Popsivo Polwan. Kemudian Jakarta Garuda vs Surabaya Bhayangkara Samator.

Kemudian pada Sabtu (25/1), tim Lamongan Sadang HS akan berlaga melawan Jakarta BNI 46, selanjutnya Jakarta BNI 46 vs Banding bjb Tandamata, ditutup dengan pertandingan Jakarta Garuda vs Palembang Bank Sumses Babel.

Untuk hari ketiga, Minggu (26/1), pertandingan antara Jakarta BNI 46 vs Jakarta Pertamina Energi, dilanjutkan Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim vs Jakarta PGN Popsivo Polwan dan diakhir pertandingan Lamongan Sadang HS vs Surabaya Bhayangkara Samator.***