PEKANBARU - Sedang asyik menjala ikan di Sungai Kampar, warga di Desa Pulau Lawas, Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, dikejutkan sesuatu yang menyangkut di jala dengan bobot yang cukup berat. Setelah dilakukan pengecekam, ternyata itu adalah mortir.

Senjata artileri yang memiliki daya ledak tinggi itu, ditemukan oleh dua orang warga bernama Beni (35) dan Ade Firmansyah (35), pada hari Jumat (19/3/2021).

Saat itu keduanya sedang menjala ikan di Sungai Kampar menggunakan perahu sekitar pukul 09.00 WIB. Lalu, pada pukul 11.00 WIB, saat menarik jala ke permukaan, jala terasa berat. Beni menyangka mendapat ikan yang besar.

Namun, mereka kaget karena yang tersangkut di jalan adalah besi yang sudah dibalut karat. Kemudian mereka membawa besi yang mirip knalpot sepeda motor itu ke daratan. Dan memberitahukan kepada Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bangkinang, Komarudin.

Selanjutnya Sekcam berkoordinasi dengan Babinsa Koramil 01/Bangkinang untuk mendatangi lokasi.

Babinsa Koramil 01/Bangkinang, Kodim 0313/KPR, Pelda Asman, mengatakan, setelah mendapat informasi penemuan mortir itu, pihaknya langsung menuju lokasi penemuan. Dan sesampainya di lokasi, mortir itu sudah dikerumuni warga yang penasaran ingin melihat.

"Mereka menemukan mortir saat menjala ikan di Sungai Kampar, pada Jumat (19/3/2021) kemarin. Mortir selanjutnya kita bawa ke markas dan berkoordinasi dengan Polres Kampar," kata Asman.

Mortir itu tambah Asman, akan dilakukan pengecekan apakah masih aktif atau tidak. ***