JAKARTA – Pecatur putra Indonesia, IM Mohammad Ervan memilih bermain remis saat melawan pecatur asal Filipina, GM Darwin Laylo pada babak kelima dwi tarung JAPFA Chess Festival ke-12 yang berlangsung di Gedung Serba Guna, Senayan Jakarta, Selasa (13/09/2022).

Ervan (2395) yang memegang buah putih melakukan serangan dengan pembukaan Petrov. Tampaknya langkah yang dilakukan sedikit membuat lawan kesulitan. Namun ketika masuk langkah ke 14 Ervan sedikit mengalami kesulitan mendobrak pertahanan Darwin Laylo (2439).

Atas pertimbangan strategi dan tenaga, Ervan memutar pikiran dan mengajak Laylo bermain remis di langkah ke 17 dan berbagi poin demi menjaga peluang untuk bisa memenangkan dwi tarung tersebut.

Meski pertandingan babak kelima berjalan remis, namun dalam pengumpulan nilai Ervan tetap unggul atas Laylo dengan skor 3 – 2 VP sehingga memiliki kans besar untuk menundukkan Darwin.

“Setelah main 5 babak, tampaknya kondisi badan mulai menurun. Untuk menjaga stamina di pertandingan terakhir atau babak keenam Rabu (14/9/2022), terpaksa saya bermain remis,” kata Ervan seusai bertanding.

Dalam pertandingan terakhir sudah jelas Ervan siap bermain optimal untuk meraih kemenangan. Meski hanya membutuhkan setengah point lagi meraih gelar juara, namun dia ingin menutup permainan dengan kemenangan.

Sementara dalam dwi tarung putri, IM Medina Warda Aulia terpaksa harus mengakui ketangguhan pecatur Singapura, GMW Gong Qianyum di langkah ke 40.

Meski di langkah ke 35 berjalan ramai antar kedua pemain, namun kuda hitam dan bidak Medina kurang aktif alias terkunci oleh lawan. Hal itu berjalan hingga memasuki langkah ke 40 dan Medina yang memegang buah hitam terpaksa mengakui ketangguhan pecatur Singapura, Gong Qianyum. Atas hasil yang dimainkan, Medina kalah dalam pengumpulan nilai menjadi 2 – 3 vp di babak kelima.

“Dalam pertandingan babak keempat dan kelima saya kurang fit. Hal itu yang membuat permainan saya kurang berkembang. Semoga dalam pertandingan terakhir bisa meraih kemenangan untuk menyamakan kedudukan dalam pengumpulan nilai nantinya, ” tegas Medina lagi.

Sedangkan untuk Kategori Terbuka JAPFA Chess Festival 2022 , peringkat pertama kini dikuasai FM Arif Abdul Aziz (2319) dengan raihan 7,5 poin kemenangan. Di babak kedelapan, pecatur asal Jabar ini sukses mengandaskan perlawanan MN Eko Supriyono.

Adapun peringkat 10 Besar untuk kategori ini adalah, 1. FM Arif Abdul Aziz (7,5 poin), 2. FM Hamdani Rudin (7), 3. FM Catur Adi Sagita (6,5), 4. Didiet Abriaskoro (6,6), IM Jodi Setyaki (6,5), MN Jajang Nurjaman (6,5), 7. MN Zhaky D Bts 207 (6), 8. MN Agung Afp (6), 9. MN Yoseph Majela (6), dan 10. MN Iswar Ade (6). ***