SELATPANJANG - Masyarakat luar disarankan tak asal daftar CPNS dengan pilihan daerah Kepulauan Meranti. Dikhawatirkan, kondisi alam di Kepulauan Meranti berdampak pada kinerja yang lulus tes CPNS.

Sarankan itu disampaikan langsung Kabag Humas dan Protokol Setdakab Kepulauan Meranti, Hery Saputra SH, Senin (10/9/2018).

"Kepada masyarakat luar jangan asal daftar CPNS di Meranti," kata Hery.

Hery Saputra bukan melarang. Namun ia berharap para pelamar harus lebih dahulu meninjau untuk melihat kondisi geogratif kabupaten termuda di Riau ini.

Kondisi berpulau dan masih ada akses yang sulit dijangkau dikhawatirkan akan berdampak pada tidak maksimalnya kinerja CPNS. Terlebih bagi mereka yang biasa hidup di kota dengan berbagai kemudahan.

"Tinjau dulu wilayah Meranti ini seperti apa. Kita tak ingin setelah mereka lulus merasa tak nyaman. Lalu mengurus pindah," tambah Hery lagi.

Diakui Sekretaris BKD Kepulauan Meranti Bakharuddin, untuk PNS angkatan 2014, sudah banyak yang pindah dan sedang mengajukan pindah. Padahal, telah dibuat perjanjian harus menyetor Rp100 juta ke kas daerah jika mengajukan pindah dalam masa perjanjian kerja dengan Pemkab Kepulauan Meranti.

"Banyak yang pindah," aku Bakharuddin.

PNS itu pindah dari Kota Sagu tujuan sejumlah kabupaten kota di Riau dengan berbagai alasan. Mereka rela mengeluarkan uang denda Rp100 juta demi bisa keluar dari Kepulauan Meranti. ***