TELUKKUANTAN - Orangtua di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tak usah ragu dan khawatir dengan vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Sebab, vaksin tersebut aman dan memperkuat daya imun tubuh anak.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kuansing, Jafrinaldi saat berbincang-bincang dengan GoRiau.com di Telukkuantan,  Kamis (13/1/2022) pagi. Menurutnya, sampai saat ini belum ada laporan terkait dampak vaksinasi.

"Sampai saat ini belum ada laporan kejadian luar biasa akibat vaksin. Juga tidak ada gejala berat yang dialami anak pasca vaksin. Ini menandakan bahwa vaksin aman untuk anak usia 6-11 tahun," ujar Jafrinaldi.

Ia berharap, para orangtua mengizinkan anak-anak untuk vaksin demi kesehatan anak tersebut. Apalagi, jika sekolah tatap muka 100 persen dilakukan, maka diperlukan vaksinasi ini.

"Kita sangat berharap, semua anak divaksin. Sehingga, aktivitas belajar mengajar di sekolah kembali normal seperti sebelum pandemi," ujar Jafrinaldi.

Sasaran vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Kuansing sebanyak 35.413 orang. Dari jumlah ini, sebagian kecil sudah menjalani vaksinasi, baik melalui kegiatan vaksin di sekolah hingga kesadaran sendiri para orangtua yang langsung datang ke fasilitas kesehatan.

"Kami sangat mengapresiasi orangtua yang punya kesadaran, datang ke faskes membawa anaknya untuk vaksin. Mudah-mudahan program vaksinasi anak usia 6-11 tahun berjalan dengan baik di Kuansing. Dukungan dari semua pihak, terutama orangtua sangat diperlukan," kata Jafrinaldi.***