SELATPANJANG - Meski di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, sebagian besar masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau masih tetap antusias melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Hal itu terlihat dari pantauan wartawan GoRiau.com, saat pelaksanaan Salat Ied di Masjid Ar-Rahmah Jalan Banglas, Kecamatan Tebingtinggi, Kamis (13/5/2021). Masyarakat tampak antusias melaksanakan Salat Ied hingga memenuhi teras masjid, namun tetap dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Masyarakat yang ikut dalam pelaksanaan ibadah dihari kemenangan setelah satu bulan melaksanakan ibadah puasa itu juga tampak membawa sajadah dari rumah masing-masing dan memakai masker.

Salat Ied di Masjid Ar-Rahmah dimulai pukul 7.30 Wib dengan petugas yang telah ditentukan yakni, Syamsudin Sulung sebagai Imam, H Darie sebagai Khatib dan Rubama sebagai Bilal.

Dalam pelaksanaan Salat Ied khatib juga menyampaikan terkait bahayanya virus Corona atau Covid-19 mulai dari penyebaran dan penularannya hingga menyebabkan terjadinya kematian. Dalam khutbah itu khatib juga membahas terkait kesempurnaan ibadah puasa dari menahan nafsu hingga pembayaran zakat fitrah dalam mensucikan diri.

Pelaksanaan Salat Ied pun berakhir dengan doa yang langsung dipandu oleh khatib dan diikuti oleh jamaah dengan menadahkan kedua telapak tangan hingga mengusap ke wajah sebagai tanda berakhirnya doa tersebut.

Parman, salah seorang warga mengaku selama pelaksanaan salat berlangsung aman dan tenang meski perdana melaksanakan Salat Ied di Masjid Ar-Rahmah Banglas tersebut.

"Iya baru pertamakali Salat Ied disini. Karena biasanya balik kampung tapi tahun ini tidak," tutur pemuda asal Tasik Putripuyu itu.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti telah memperbolehkan agar pelaksanaan SalatĀ IdulĀ Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi dilaksanakan di lapangan terbuka maupun di masjid. Hal ini dikarenakan wilayah di Kabupaten termuda di Provinsi Riau itu masih didominasi zona hijau.***