SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim, melakukan pencanangan kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020 di wilayah Kepulauan Meranti, pada kesempatan itu Wabup menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dapat mendukung dan mengikuti Sensus Penduduk 2020 dengan memberikan data yang benar dan akurat, bertempat di Aula Kantor Bupati Meranti, Selasa (3/3/2020).

Turut hadir, Kepala Kantor BPS Selatpanjang, Hari Setiadi Gunawan, Asisten I Setdakab Meranti, Syamsuddin SH MH, Asisten II Setdakab Meranti, Drs Asroruddin, Sekretaris DPRD, Heri Suhairy, Kepala Disdukcapil, Drs Hariandi, Kepala Disparpora, Rizki Hidayat, Direktur RSUD, dr. Ria Sari, Kadis Perpustakaan, Drs Husni Gamal, Kabag Perbatasan, M Nazar, Kabag Ekonomi, Abu Hanifah, Kabag Kominfo, Wan Fahriarmi, Kabag Ortal Sekdakab Meranti, Agustia Widodo, Perwakilan Koramil 02/Tebingtinggi, Posal Selatpanjang, serta sejumlah pejabat perwakilan dinas dan bagian Dilingkungan Pemkab Meranti.

Dalam pencanangan Sensus Penduduk Tahun 2020 ini, Wakil Bupati Meranti, Drs H Said Hasyim berkesempatan menjadi orang pertama di Meranti yang melakukan pendataan secara online, didampingi Asisten I Setdakab Meranti, Syamsuddin SH MH dan Kadisduk Capil Meranti, Drs Hariandi.

Seperti dijelaskan Kepala BPS Selatpanjang, Hari Setiadi Gunawan, dalam Sensus Penduduk Tahun 2020 terjadi perubahan yang mendasar yakni akan dilaksanakan secara online mulai 1 Februari sampai 31 Maret 2020, selanjutnya bagi masyarakat yang belum berkesempatan melakukan pendataan online maka akan dilakukan lagi sensus dengan metode wawancara oleh petugas yang rencananya akan dilakukan pada bulan Juli 2020 mendatang.

Sensus Penduduk 2020 akan dilakukan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia minimal 10 Tahun.

Sensus Penduduk Tahun 2020 ini adalah Sensus Penduduk yang ke-7 kalinya di Indonesia karena sesuai aturan Sensus Penduduk di suatu negara minimal dilakukan 10 Tahun sekali, seiring hal itu Presiden juga telah mengeluarkan Perpres satu data se-Indonesia yang tujuannya memudahkan dalam pengambilan kebijakan pembangunan.

Lebih jauh dijelaskan Hari, Sensus Penduduk Tahun 2020 ini sangat penting dan strategis karena hasil sensus akan digunakan untuk menentukan kebijakan pembangunan kedepan baik oleh Pemerintah Daerah, Provinsi hingga Pusat.

Seperti dikatakan Presiden Joko Widodo, Pemerintah Pusat akan menentukan kebijakan sesuai dengan data Sensus. Sehingga dapat diketahui daerah mana yang membutuhkan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, transportasi dan lainnya.

"Sensus Penduduk ini bermanfaat untuk membuat perencanaan pembangunan dimasa kini sekaligus dapat memprediksi apa yang akan  terjadi dimasa depan," jelas Hari.

Menimbang begitu pentingnya manfaat Sensus Penduduk tersebut, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung dan mengikuti Sensus Penduduk Tahun 2020 ini, yang diawali dengan para PNS di setiap OPD.

Seperti dikatakan Kepala Kantor BPS Selatpanjang, Tim BPS akan melakukan pendataan Online ke setiap OPD. Yang akan dimulai tanggal 5 February 2020. Untuk itu Wabup berpesan kepada setiap Kepala OPD dapat memfasilitasi semua staf untuk mengikuti pendataan sehingga berjalan dengan cepat dan lancar.

"Sensus ini merupakan kegiatan yang strategis dan penting diikuti, sebab jika ingin maju kita harus punya data yang akurat sebagai acuan dalam menentukan kebijakan Pembangunan kedepan," ujar wabup.

Kegiatan ini harus didukung oleh semua pihak mulai dari Pemerintahan terendah RT, RW sampai dengan OPD.

"Sensus ini wajib disukseskan, semua Kades dan Camat harus memberi dukungan dan harus hadir ditepat masing masing," pinta wabup.

Wabup berharap melalui pendataan ini terwujud data terpadu yang terintegrasi hingga ketingkat pusat sehingga tidak ada lagi perbedaan data baik yang dikeluarkan BPS, Pemda maupun Kementerian. Sehingga saat pengambilan kebijakan lebih tepat sasaran dan bermanfaat optimal. (rls)