PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau sudah menyelenggarakan training center (TC) atau pemusatan latihan bagi para atlet yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2021 mendatang. Pemusatan latihan ini dilakukan untuk memaksimalkan prestasi atlet yang selama beberapa bulan terakhir hanya berlatih mandiri akibat Covid-19.

"TC sudah berjalan sejak tanggal 15 November lalu dan akan berlangsung selama dua bulan sampai Januari 2021 mendatang. Jadi semua cabang olahraga yang mengikuti PON 2021 nanti, mulai pemusatan latihan itu," ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Riau Mustafa Kamal, Kamis (26/11/2020).

Ia menjelaskan, TC ini diselenggarakan atas permintaan Cabor yang atletnya akan bertanding di PON. TC juga dijalankan dengan menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 yang masih menjadi pandemi di Kota Pekanbaru.

"Kita minta agar selama latihan, para atlet dan pelatih mengikuti protokol kesehatan. Untuk venue latihan juga kita sterilkan dulu sebelum digunakan, kecuali yang diluar Provinsi Riau seperti renang di Jakarta," paparnya.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa pihaknya belum dapat mempertimbangkan perkembangan prestasi atlet. Pasalnya, TC sendiri baru saja digelar dan belum ada pertandingan atau kejuaraan yang digelar karena Covid-19.

"Apakah atlet mengalami penurunan prestasi atau sebaliknya kita belum tahu, karena belum ada kejuaraan. Tetapi selama ini mereka juga tetap berlatih mandirikan, kita harapkan dalam waktu dekat ada kejuaraan untuk menguji perkembangan atletnya," pungkasnya.***