PEKANBARU- Tahun baru 2016 bagi Wakapolresta Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono adalah harapan baru secara pribadi dan institusi Kepolisan.

Hal tersebut diungkapnya kepada GoRiau.com saat ditemui diruang kerjanya, Senin (28/12/2015) siang. "Bagi saya tahun baru 2016 yang akan datang harus ada perubahan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana perubahan tersebut mencakup ke dalam semua hal, baik perubahan jasmani maupun rohani. Atau dalam artian lain perbaikan dalam menjalani kehidupan dunia dan juga memikirkan bekal bagi kehidupan akhirat nantinya," cerita Sugeng Putut Wicaksono.

Harapan lain bagi pria yang lahir di Solo pada tahun 1973 ini, agar institusi Kepolisian secara umum bisa menjadi lebih baik, karena sampai detik ini menurutnya, Kepolisian belumlah sempurna dalam hal pelayanan kepada masyarakat maupun mengungkap beberapa kasus serta membenahi tubuh Polri sendiri.

"Walaupun belum sempurna, kita berharap adanya kemajuan dalam hal apa saja, karena moto saya adalah, setiap polisi setiap detik, menit dan setiap saat harus bertambah menjadi polisi yang baik yang mencakup segala hal. Sekali lagi merubah kebaikan baik jasmani dan rohani," tuturnya.

Namun tidak dipungkirinya, kalau ia juga memiliki keinginan supaya dimasa pensiunnya nanti dirinya sudah tidak lagi berada di Pekanbaru. Namun ketika ditanya ingin pindah kemana, AKBP Sugeng Putut Wicaksono hanya tersenyum lepas. "Yang jelas saya berharap ditahun 2016 ke 2017 nanti, saya tidak lagi disini, tidak mungkin toh saya sampai pensiun disini. Soal kemana itu saya serahkan ke pimpinan saya," tukasnya.

Bagi lulusan Akpol tahun 1994 ini, berbagai penugasan dan jabatan telah ia emban sejak bertugas tahun 1995 di Sumatera Utara, namun dirinya mengaku sangat nyaman dan banyak kesan mendalam ketika dia bertugas dan menjabat sebagai Wakapolresta Pekanbaru. "Ini pertama kalinya saya menjabat sejak karier saya di Kepolisian. Suasanya jelas beda, disini saya lebih nyaman karena memang pekerjaan yang saya emban juga sesuai dengan kondisi dimana Pekanbaru adalah kota besar, berbeda sekali suasana ketika saya masih dinas di Kabupaten Siak," cerita Putut.

Pengalaman dua tahun lebih empat bulan menjadi Wakpolresta juga banyak suka dan dukanya, dimana ia lebih banyak berurusan ke dalam kedalam dan banyak membantu pimpinan.

"Pengalanman dalam hal membina anggota untung sudah saya dapatkan ketika saya masih dilembaga pendidikan AKPOL. Karena tata caranya hampir sama dengan cara yang saya terapkan disini. Ya alhamdulillah sedikit banyaknya ada perubahan dimana dalam internal kami mulai dari pembinaan anggota yang bermasalah sedikit demi sedikit terbenahi dan mengarah kemajuan yang positif," imbuhnya.

Adapun suka dukanya menjadi seorang Wakpolresta menurutnya lebih banyak sukanya. "Kalau bicara soal perbandingan jabatan yang saya emban sebelumnya, tentu lebih nyaman sekarang, dimana kegiatan sebelumnya waktu itu terasa lama, namun ketika di Pekanbaru terasa nyaman dan waktu itu berjalan sangat cepat dan terasa pendek," pungkasnya.

Diakhir pembicaraan, Wakapolresta Pekanbaru AKBP Sugeng Putut Wicaksono mengaku bahwa malam tahun baru ini tidak kemana-mana dalam artian melakukan liburan bersama keluarga. Karena menurutnya jajaran Kepolisian di malam tahun baru 2016 akan fokus dalam pengamanan. ***