PEKANBARU - Hj Maimanah Umar tutup usia diumurnya yang ke 82 tahun. Ibunda dari Kepala Biro Humas, Protokol dan Kerjasama Setdaprov Riau, Firdaus, diakui Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar semasa hidupnya banyak memberikan kontribusi untuk kemajuan Provinsi Riau.

Sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), Maimanah Umar dikenal Syamsuar, pernah menjadi seorang guru, anggota DPRD, anggota DPD, penasehat dan pendiri lembaga pendidikan.

"Beliau adalah tokoh perempuan Riau, karirnya sangat banyak membantu kemajuan Riau. Semoga semua menjadi amal ibadah dan diterima di sisi Allah SWT," kata Syamsuar dikutip GoRiau.com, usai ikut melaksanakan salat jenazah di Masjid Agung An Nur, Pekanbaru (3/12/2019), malam.

Jenazah Maimanah Umar malam ini langsung dimakamkan di pemakaman Jalan Kubang Raya. Di lokasi ini juga, suami alhamhumah dimakamkan.

"Mari masyarakat Riau sama-sama mendoakan, agar keluarga besar yang ditinggalkan senantisana diberikan kesabaran dan kekuatan iman. Dan menjadikan kematian ini untuk meningkatkan keimanan kita semua," ujar Syamsuar.

Sebelum disinggahkan di rumah duka, Jalan Pepaya, Sukajadi Pekanbaru, jenazah Maimanah Umar langsung dibawa ke Masjid Agung An Nur, pukul 18.50 WIB.

Seperti diketahui, Maimanah Umar lahir 5 Mei 1937. Maimanah sempat menjadi anggota DPRD Riau selama 4 periode. Setelah itu, Maimanah melanjutkan kiprah politiknya sebagai senator di DPD RI selama dua priode (2009-2014 kemudian 2014-2019). Selain itu, Maimanah Umar juga merupakan salah satu pendiri sekaligus pemilik lembaga pendidikan, Yayasan Masmur. ***