PEKANBARU - Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP), melakukan pengabdian masyarakat di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, Riau, pada 28 Mei 2016 lalu.

Kegiatan berupa pelatihan membuat kue kering ini diikuti para mahasiswa STP Riau yang mengambil mata kuliah Manajemen Acara.

Ketua STP Riau Prof H Suwardi MS, mengatakan, dipilihnya Kelurahan Tebing Tinggi Okura sebagai tempat pengabdian masyarakat mahasiswa STP Riau karena kelurahan tersebut merupakan salah satu desa wisata di Pekanbaru.

Dijelaskan Suwardi, di kelurahan ini terdapat tiga kelompok. Pertama, Kelompok Wisata Badeo Kayangan, yaitu sejenis pengobatan di lingkaran disertai tarian. Kedua, Kelompok Rantau Sakti Wisata. Ketiga, Kelompok Wisata Dakwah.

Sementara, Lurah Tebing Tinggi Okura, Junaidi, menyatakan, menyambut baik acara ini dan berharap kerja sama dengan STP Riau terus berlanjut.

Diungkapkan Junaidi, Kelurahan Tebing Tinggi Okura merupakan salah satu dari 6 desa wisata di Pekanbaru. Tebing Tinggi Okura merupakan merupakan kelurahan tertua di Pekanbaru, karena sudah ada sejak Zaman Jepang.

Kelurahan ini, lanjutnya merupakan jalur lintas bus air dari dermaga Pelita Pantai ke Okura PP. ''Rencananya akan dibangun taman pancing dan kedai terapung serta rumah-rumah yang dapat dijadikan home stay. Di sini ada satu pertunjukan, badeo kayangan, yaitu sejenis pengobatan tradisional yang disertai tarian berkeliling diiringi dengan musik tradisional," urainya.

Junaidi berharap kerja sama dengan STP Riau secara berkelanjutan, sehingga potensi wisata di daerah ini bisa terus berkembang. ''Di kelurahan ini juga ada Danau Kayangan, yang diyakini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Tinggal pengembangan dan promosinya saja lagi,'' sambungnya.rls