PEKANBARU, GORIAU.COM - Puluhan mahasiswa pertanian Se-Sumatera antusias mendengarkan materi public speaking yang disampaikan oleh Corporate Communication Manager PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Djarot Handoko dalam acara Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Se-Sumatra, di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pekanbaru, Riau, Selasa (1/4/2015).

Djarot mengemukakan, menjadi seorang pemimpin harus bisa menjadi seorang komunikator publik yang baik, harus mampu menyampaikan pesan kepada komunikan dengan baik.

''Cara kita berkomunikasi itu menunjukkan brand diri kita. Public speaker yang baik adalah yang mampu menyampaikan pesan kepada orang banyak, dan pesan yang disampaikan mampu diterima dengan baik oleh penerima pesan,'' kata Djarot.

Djarot juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa jurusan agrobisnis pertanian itu untuk terus semangat belajar menjadi seorang pengusaha pertanian yang sukses.

''Sebagai generasi muda, kalian harus selalu melihat dari sisi positif apapun itu. See from the bright side untuk menciptakan reputasi dan citra yang baik,'' ujarnya.

Disampaikan Djarot, ilmu tentang public speaking akan sangat bermanfaat ketika mereka berkecimpung didalam sebuah perusahaan.

''Public speaking ini sangat bermanfaat saat berada di perusahaan misalnya bagaimana mengkomunikasikan program CSR perusahaan yang merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat, kemudian melakukan sponsorship strategis, media relation dan internal corporte counsel,'' paparnya.

Sementara itu, Campus Relation RAPP, Samsuriya, mengemukakan RAPP senantiasa berpartisipasi dan mendukung kegiatan positif yang dilakukan para mahasiswa Riau untuk memajukan generasi muda daerah.

''Perusahaan selalu berkomitmen untuk ikut mendukung pendidikan dan memajukan generasi bangsa. Ya dengan kegiatan seperti ini, seminar, dan RAPP ikut berpartisipasi,'' tuturnya.

Ketua panitia LKMM, Indo Muharam Fanila, menuturkan acara pelatihan kepemimpinan ini diikuti oleh 13 universitas Se-Sumatra yang diselenggarakan dari tanggal 31 Maret hingga 3 April 2015.

Dia juga mengemukakan, tujuan diselenggarakannya acara ini adalah agar mahasiswa sebagai generasi muda bisa menjadi agen perubahan bangsa dengan menjadikan diri mereka seorang pemimpin.

''Tujuan LKMM ini adalah agar mahasiswa dapat mengontekstualisasikan arah perjuangan mahasiswa sebagai agen of change dan agen of control dengan jiwa kepemimpinan nya, agar peka terhadap sebuah permasalahan,'' ungkapnya. (rls)