PEKANBARU - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, memeberikan kepercayaan sekaligus menunjuk Provinsi Riau, sebagai tuan rumah pameran sekala Regional se Sumatera yang bertajuk Pameran Kemilau Sumatera 2015 di Kota Pekanbaru, Riau.

Pameran bertema "Pesona Batik" tersebut dipercayakan ke Provinsi Riau setelah ada penetapan dan kesepakatan bersama seluruh Provinsi di wilayah Sumatera. Pameran Kemilau Sumatera tersebut akan diselenggarakan pada hari Senin (07/12/2015) di Mall Pekanbaru Riau.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) Riau, Fahmizal Usman kepada GoRiau.com, Jum'at (04/12/2015) siang.

"Acara ini rencana akan dibuka langsung oleh Gubernur Riau dan dihadiri sejumlah pejabat dari Kementrian Pariwisata RI," ungkapnya.

Masih menurut Fahmizal, pameran tersebut nantinya akan diikuti Dinas Pariwisata se Sumatera, Industri Pariwisata Riau termasuk dari Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, serta dimeriahkan dengan berbagai lomba seni seperti tari dan atraksi kesenian lainya dari Provinsi Riau.

Fahmizal juga menambahkan, dengan dipercayannya Provinsi Riau menyelenggarakan iven berskala regional tersbut, dirinya mengaku sangat mengapresiasi pihak Kementrian Pariwisata.

"Iven ini merupakan peluang bagi Provinsi Riau untuk mempromosikan berbagai potensi wisata dan keindahan alamnya. Selain itu juga sekaligus mengenalkan budaya yang ada di Provinsi Riau," tambahnya.

Famizal Usman juga berharap iven tersebut bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Riau. Seliain itu, iven ini juga dapat memberikan informasi bagi masyarakat tentang kekayaan Objek pariwisata diseluruh wilayah Sumatera.

Sebagai bentuk promosi wisata, Disparekraf dan seluruh perwakilan Riau, akan menampilkan berbagai informasi destinasi wisata dan pagelaran kesenian bagi pengunjung yang datang serta menampilkan artis baik dari ibukota maupun lokal.

"Selain hiburan kami juga menyediakan hadiah sebagai doorprize untuk atraksi permainan rakyat selama 3 hari yaitu pada tanggal 7-9 Desember 2015 mendatang," jelasnya.

Dengan adanya penyelenggaraan Pameran Kemilau Sumatera di Pekanbaru, diharapkan agar daerah-daerah se Sumatera dapat mengenal lebih jauh mengenai potensi wisata dan seni budaya yang ada di Riau.

"Kalau sudah kenal sudah barang tentu targetnya adalah menjadikan Provinsi Riau, sebagai target pasar destinasi pariwisata di Sumatera yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian di Riau," pungkasnya. ***