PEKANBARU, GORIAU.COM - Berdasarkan hasil rapat Pengurus Besar (PB) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) menetapkan Pekanbaru, Riau sebagai tuan rumah penyelenggara Kompetisi Bola Voli Proliga yang dijadwalkan akan berlangsung pada 10 Januari-16 Maret 2014.


Sebelumnya Palembang, Sumatera Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah, namun karena beberapa hal untuk dipertimbangkan, akhirnya rapat PB PBVSI beberapa waktu lalu memilih Riau sebagai penyelenggara. Selain perubahan tuan rumah, jadwal pelaksanaan Proliga 2014 juga dipercepat.


"Kita (Pekanbaru, red) ditunjuk secara resmi sebagai tuan rumah. Sebagai penyelenggara, tentu kita akan menyiapkan segala sesuatunya yang menyangkut kesuksesan penyelenggaraan," kata Ketua V PB PBVSI, Kombes Pol R Adang Ginanjar kepada wartawan, Kamis (28/11/2013).


Dijelaskan pria yang juga menjabat sebagai Kapolresta Pekanbaru ini, salah satu alasan dipercepatnya penyelenggaran Proliga yakni menghindari bentroknya jadwal Pemilu, April 2014 mendatang.


"Kita tidak ingin tentunya jadwal Proliga bentrok dengan pelaksanaan pemilu, untuk itu rapat memutuskan jadwal Proliga dipercepat pada awal tahun," lanjut Kapolresta.


Proliga tahun ini juga mengubah peraturan terkait perekrutan atlet asing. Jika di tahun sebelumnya Proliga membolehkan satu tim merekrut tiga pemain asing, kini tim maksimal cuma boleh merekrut dua pemain asing. Hal ini dinilai lebih kepada pemanfaatan atlet yang sudah ada.


"Untuk itu, peraturan tersebut dinilai lebih kepada pemanfaatan dan pemberdayaan atlet-atlet lokal. Dimana yang dinilai mampu berkompetisi bisa ditarik daripada fokus memanfaatkan atlet luar," pungkas Kapolresta.(tri)