SIAK SRI INDRAPURA - Sempena Hari Ulang Tahun Siak ke 20 ini, Kabupaten Siak juga dipercayakan sebagai tuan rumah kegiatan LTKL (Lingkar Temu Kabupaten Lestari) tahun 2019. Dalam acara itu nanti, harus dimanfaatkan pemuda Siak yang kreatif untuk menimba ilmu khusus bagi yang ingin membuka usaha.

Kestri dari Sekretariat LTKL dalam jumpa pers dengan media di Kabupaten Siak, Senin (7/10/2019) menyebutkan kegiatan LTKL ini pada dasarnya difokuskan untuk Kabupaten Hijau dengan tema lingkungan.

Namun dalam agenda kegiatannya di Siak juga sudah tersusun rapi bersamaan dengan kegiatan HUT Siak ke-20. Acara puncak akan dimulai tanggal 10 - 11 Oktober 2019 di gedung daerah Sultan Syarif Kasim II.

Dalam acara itu ada loka karya yang mengupas tuntas tentang bagaimana membuka usaha dengan memanfaatkan bahan-bahan dasar dari lingkungan khususnya yang ada di Kabupaten Siak.

"Nanti kita akan contohkan bagaimana membuat sabun dengan cara manual dengan memanfaatkan bahan buah nenas yang tumbuh di lahan gambut. Setelah itu kita juga akan menjelaskan bagaimana proses menjalankan usaha tersebut hingga sumber dana membuka usaha itu," kata Kestri.

Sehingga, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat Kabupaten Siak untuk diikuti dari awal hingga selesai. Berbagai inovasi cerdas, pengetahuan serta teknologi akan dipaparkan dalam acara tersebut.

" LTKL ini juga berkolaborasi dengan forum yang ada di Kabupaten Siak seperti Sedagho Siak yang di dalamnya sangat banyak forum atau LSM lingkungan yang ikut bergabung," ujarnya lagi. ***