BANGKINANG - Status Kasiaruddin sebagai Pelaksana harian Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau resmi naik menjadi Pelaksana tugas (Plt) Sekda sementara untuk mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan M Yafiz saat pensiun pada 1 Juli 2016 lalu.

"Plh Sekda Riau sekarang statusnya sudah Pelaksana tugas. Pak Mendagri bilang sama saya sudah diteken SK Plt nya," ungkap Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman kepada GoRiau.com, Rabu (13/7/2016) disela-sela kunjungannya pada acara Aghi Yayo Onam di Bangkinang, Kampar.

Disambung oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau, Asrizal, bahwa posisi Plt Sekda Riau tersebut akan aktif sampai penetapan satu nama Sekda definitif hasil assessment keluar.

"Rekomendasi penunjukan Plt Sekda sudah kita terima tadi. Sedangkan, untuk penetapan satu nama Sekda Riau hasil assessment belum keluar. Masih menunggu," kata Asrizal.

Sebelumnya,Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah melakukan assessment calon Sekda. Namun hasilnya belum juga keluar. Dimana, tiga nama calon sekda yang diajukan melalui Kementerian Dalam Negeri kini tengah menunggu proses penetapan satu nama oleh Tim Penilai Akhir.

Setelah tahap itu, satu nama Sekda Riau akan diajukan kepada Presiden RI Joko Widodo. Adapun tiga nama yang direkomendasikan sebagai calon Sekda Riau yang baru, yakni Ahmad Hijazi, Masperi dan M Syukri Harto. ***