SIAK - Mobil yang melewati jalan penghubung Pekanbaru dan Siak via PT Surya Inti Raya (SIR) tidak boleh melebihi kapasitas. Jika lebih, kendaraan dan pengemudi akan ditindak oleh pihak dinas perhubungan dan polisi lalu lintas.

''Dinas Perhubungan Kabupaten Siak dan Provinsi Riau serta Polantas akan bekerjasama melakukan penindakan jika ada kendaraan melebih kapasitas yang ditentukan,'' ujar Gubernur Riau Syamsuar saat meresmikan Jalan PT SIR, Rabu (28/12/2022).

Jalan yang diresmikan ini tepatnya berada di jalan Simpang Pramuka perbatasan Kabupaten Siak, ruas jalan batas Kabupaten Siak-Perawang, dan Jembatan Sei Pulai sebagai jalan pintas dari Kota Pekanbaru menuju Kabupaten Siak.

Gubri Syamsuar mengatakan, bahwa untuk membuka perizinan ruas jalan ini telah diperjuangkan sejak saat dia menjabat Bupati Siak. Namun, karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi, maka dari itu Syamsuar belum bisa mengarahkan untuk lanjutan pembangunan ruas jalan.

“Makanya pada waktu Allah mentakdirkan saya menjadi Gubernur Riau, ini merupakan prioritas kami untuk mempersiapkan jalan ini,” kata Gubri Syamsuar, Rabu (28/12/2022).

Diungkapkan dia, pembangunan jalan itu, juga untuk mendukung sektor wisata daerah. Hal itu sesuai masukan dari Menteri Pariwisata yang mengatakan, akses menuju objek wisata jalanananya harus cepat dan bagus.

“Oleh karena itulah, kami tahu persis Siak ini adalah merupakan Kota Wisata. Makanya saya mempersiapkan jalan ini dengan maksud untuk mempercepat sampainya, sehingga ini juga terbantu untuk mewujudkan kota wisata,” jelasnya.

Dengan adanya jalan ini, kata Syamsuar, agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mempermudah akses lalu lintas masyarakat. Sehingga, orang nomor satu di Provinsi Riau ini berharap jalan tersebut agar dijaga bersama. ***