JAYAPURA - Peraih dua medali emas dan satu perak Paralimpiade Tokyo 2020 Leani Ratri Oktila akan bertanding siang ini di kelas elit melawan Nurjuani dari Jawa Tengah.

Juara Asian Paragames 2018 ini akan turun di nomor tunggal putri klasifikasi SL4 pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021 di Papua. Ratri mengincar sekeping emas untuk dibawa pulang ke Riau.

Dari jadwal yang didapat dari panitia, di nomor ini ia tampaknya tidak berjumpa dengan Khalimatus Sadiyah di final. Itu artinya Ratri akan mudah mendapatkan emas.

Khalimatus yang membela kontingen Jawa Timur adalah pasangannya ketika merebut emas di final ganda putri klasifikasi SL3-SU5 Paralimpiade Tokyo 2020. Mereka merupakan ganda putri terbaik dunia saat ini.

"Meskipun kami bersahabat di lapangan dan luar lapangan, ketika turun di nomor tunggal di Peparnas Papua, maka kami akan saling mengalahkan. Yang jelas siapa pun lawan saya nantinya, saya akan bermain all out agar dapat medali emas buat Riau," kata pemilik tiga gelar juara dunia ini.

Ratri juga sepakat dengan pola pembatasan atlet disabilitas berkelas internasional hanya boleh main di satu nomor. Lantaran ini sebagai bentuk regenerasi dan memberi kesempatan atlet-atlet lain untuk merebut prestasi.

Di nomor lain, Sarima (Riau) vs Tasya Permatasari (Sumsel), Jhon Kenedi (Riau) vs Dwiyoko (Jateng), Suhid (Riau) vs Reksi Sudarno (Sumsel) dan Marta Rebi (Riau) vs Narimah (Jateng). ***