JAKARTA - Dalam upaya lebih mempopulerkan olahraga Teqball, Ketua Umum Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP INATEQ), Hellen Sarita de Lima melantik 8 Pengurus Provinsi (Pengprov) INATEQ di Lantai 16 Function Hall Kantor NOC Indonesia, Gedung FX Senayan Jakarta, Senin (16/11/2020). 

"Saya sangat berterima kasih atas kesediaannya untuk menjadi pengurus Pengprov INATEQ. Marilah kita bersama-sama jalankan komitmen untuk mengembangkan dan mempopulerkan olahraga Teqball di Indonesia," kata Hellen Sarita dalam acara pelantikan yang dihadiri Sekjen Federasi Teqball Internasional (FITEQ), Marius Vizer secara virtual.

Ke-8 Pengprov INATEQ yang dilantik yakni Ketua Pengprov INATEQ DKI Jakarta, Sulaiman, Ketua Pengprov INATEQ Sulawesi Selatan (Sulsel), Ryan Latief, Ketua Pengprov INATEQ Nusa Tenggara Barat (NTB), Ni Ketut Wolini SE SH MM, Ketua Pengprov INATEQ Sumatera Barat (Sumbar), Syaiul Yahum SH M.Hum, Ketua Pengprov INATEQ Maluku Utara (Malut), Ir Budi Liem, Ketua Pengprov Jateng : DR Eka Yuli Astuti S.pd MA. Ketua Pengprov INATEQ Jawa Timur (Jatim), Irmantara Subagio, dan Ketua Pengprov INATEQ Sulawesi Utara (Sulut), Fabian Kaloh SIP MSi.

Untuk pengembangan olahraga Teqball ini, kata Hellen yang juga mantan Plt Sekjen KOI, PP INATEQ telah menyalurkan bantuan 7 meja Teqball yang merupakan hasil bantuan FITEQ kepada penguruis Pengprov INATEQ. Dalam waktu dekat, ungkapmnya, ada 56 meja lagi yang akan diberikan FITEQ.

"Sebanyak 56 meja Teqball lagi masih dalam perjalanan menuju Indonesia. Yang pasti, FITEQ memberikan kepercayaan penuh kepada PP INATEQ dalam mempopulerkan olahraga Teqball di Indonesia. Jadi, kita wajib menjaga kepercayaan itu dengan menjalankan komitmen dalam pembinaan atlet Teqball di Indonesia," ujar Hellen yang meminta seluruh Pengprov INATEQ mengirimkan video rekaman latihan untuk dilaporkan kepada FITEQ.

Harapan menjadikan olahraga teqball populer di Indonesia juga disampaikan Sekjen Federasi Teqball Internasional (FITEQ), Marius Vizer. "Teqball dikenalkan pertama kali pada Asian Games Jakarta 2018. Dan, saya berharap olahraga Teqball bisa populer di Indonesia," katanya.

Dalam acara pelantikan tersebut hadir Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ferry Kono dan Anggota Eksekutif Komite KOI dan dan Othniel Mamahit selaku Wakil Ketua KONI Pusat secara online. 

"Kita sangat berterima kasih kepada KOI yang telah memberikan dukungan apalagi dalam Kongres Tahunan KOI ke depan kita sudah menjadi peserta," ujar Hellen sembari menyebutkan PP INATEQ juga sudah melakukan koordinasi dengan Sekjen KONI Pusat, Tubagus Ade Lukman agar bisa diterima menjadi anggota KONI pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI tahun depan.

Lebih jauh Hellen menjelaskan rencna akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) INATEQ yang akan dilakukan Desember 2020 dan persiapan untuk menghadapi dua kalender event yakni Asian Beach Games di Sanya, China, 2-10 April 2021 dan Asian Indoor Martial Arts Games (AIMAG) di Bangkok, Thailand, 21-30 Mei 2021. ***