SELATPANJANG - Giliran lahan di Desa Mekong, Kepulauan Meranti, Riau, terbakar sejak, Minggu (27/3/2016) sore. Semua personil gabungan pemadam kebakaran sudah menfokuskan kerjanya di Desa yang terletak depan Selat Melaka itu.

Menurut Kepala Desa Mekong A Rahman, kebakaran lahan terjadi di Dusun II Peleper. Api yang diduga dari kelalaian warga saat beraktivitas di lahan tersebut sudah terlihat sejak Minggu sore. Kata A Rahman lagi, pada Minggu malam sebenarnya api sudah padam.

"Rupanya, karena ditiup angin, ditambah lahan gambut, api kembali muncul hingga Senin siang," ujar A Rahman kepada GoRiau, Senin (28/3/2016).

Ditambahkan laki-laki yang akrab dipanggil Daman itu, api tersebut diduga dari aktivitas warga yang mencari kayu. Setidaknya hingga Senin siang sudah ada sekitar dua hektar lahan di Peleper terbakar.

"Tim gabungan dari Polisi, Satpol PP, pihak desa, Damkar, sudah memadamkannya. Api bisa terkendali," kata Daman Senin siang.

Di tempat terpisah, Plt Kepala BPBD Kepulauan Meranti M Edy Afrizal SE MH mengaku sudah menurunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran ke Desa Mekong. Kata Edy juga, tim menemukan kendala di lapangan yaitu tidak adanya air di lokasi kebakaran ditambah tiupan angin yang juga kencang.

"Kita sudah kirim 2 unit mobil Damkar. Jauhnya sumber air ditambah angin kencang menjadi kendala saat pemadaman," ujar Edy pula. ***