JAKARTA, GORIAU.COM - Pengacara yang juga ahli hukum tata negara, Yusril Ihza Mahendra kembali tak hadir pada persidangan sengketa Pilkada Gubernur Riau putaran dua di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (9/1/2014). Padahal sebelumnya Yusril dikabarkan akan hadir pada sidang hari ini.


Pengacara pasangan Herman-Agus, Muharnis menyatakan Yusril akan datang pada sidang hari ketiga ini. Namun sampai sidang pemeriksaan saksi-saksi itu ditutup, mantan Menteri Hukum dan HAM itu tak kelihatan batang hidungnya.


Padahal di kalangan pendukung HA yang hadir di Gedung MK, isu Yusril akan datang sudah berkembang sejak tadi malam. ''Hari ini Yusril datang pak,'' kata seorang pendukung HA seraya mengajak berangkat ke Gedung MK.


Tidak diketahui secara pasti apa alasan Yusril yang digadang-gadang dari awal akan hadir, ternyata belum pernah hadir di persidangan. Banyak yang mendukung Yusril tak akan pernah datang dan hanya menyerahkan ke anak buahnya di kantor pengacara Ihza dan Ihza.


Apa yang disangsikan sejumlah pihak sejak awal bahwa Yusril keberatan membela HA karena alat bukti lemah, tampaknya bakal terbukti. Selain selisih suara sekitar 20 persen, keterangan saksi pun lemah. Banyak keterangan saksi dari HA yang mengaku hanya mendengar dari orang lain, bukan menyaksikan dan mendengar sendiri.


Semua keterangan 20 orang saksi dari HA dibantah oleh saksi KPU Riau dan saksi Annas-Andi pada sidang hari ini, Kamis (9/1/2014). Mereka mementahkan semua tudingan dari saksi HA. Sidang dilanjutkan Senin (13/1/2014) untuk mendengarkan saksi tambahan. (nti)