BAGANSIAPIAPI – Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH, Selasa (14/6/2022) berkunjung ke Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil) memenuhi undangan Pemkab Rohil.

Kehadiran Kapolda disambut Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, Kapolres AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK, Wakil Bupati H Sulaiman, Kajari Yuliarni Aphy MH, Dandim 0321/Rohil M Erfani, tokoh masyarakat Rohil Sugianto (Raja Baut) serta kepala OPD Pemkab Rohil.

GoRiau

Pada kesempatan itu, M Iqbal dan rombongan makan bersama dengan Forkompinda di kediaman Sugianto sekaligus melakukan silaturahmi dengan masyarakat.

Selain itu, Kapolda juga menyaksikan masyarakat Bagansiapiapi maupun yang datang dari luar yang sedang melakukan sembahyang Ki Hu Ong Ya di kelenteng In Hok King, salah satu kelenteng tertua di Bagansiapiapi.

Saat dikonfirmasi awak media, M Iqbal mengatakan dirinya merasa penasaran dengan kota Bagansiapiapi yang dulunya pernah terkenal di seluruh dunia karena merupakan penghasil ikan terbesar di dunia dan memiliki sejarah yang banyak.

"Bagansiapiapi ini kan terkenal di dunia, apalagi ada tradisi berbagai ritual budaya yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kita juga untuk memperkaya wawasan datang kesini, karena tugas kepolisian bukan hanya penegakan hukum, tapi juga memperkaya wawasan tentang sosial budaya juga perlu," katanya.

Selain melihat aktivitas di tempat itu, kapolda juga berkunjung ke gedung IP Plaza dan melihat kondisi di sekitaran lokasi perayaan yang tengah dipersiapkan dan terus dibenahi panitia.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Wabup H Sulaiman mengucapkan terimakasihnya atas kunjungan Kapolda Riau di Bagansiapiapi.

"Kunjungan ini sangat besar manfaatnya sebagai ajang promosi dan lebih memperkenalkan Rohil, termasuk tentang keanekaragaman multi etnis,'' ucap Afrizal Sintong.

"Saat ini warga asal Bagansiapi di perantauan pulang kampung untuk ritual Ing Hock King. Kegiatan ini cukup ramai setelah dua tahun tidak dilaksanakan karena pandemi,'' tutupnya. ***