KAMPAR – Kunjungan ke objek wisata di Kabupaten Kampar, Riau membludak selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) setempat mencatat total sebanyak 150.186 wisatawan.

Kepala Disparbud Kampar, Zulia Dharma menyebutkan, data dikumpulkan dari sebanyak 47 objek wisata. Terdiri dari objek wisata alam, air, ekowisata, situs bersejarah hingga hotal dan villa.

"Data global kunjungan Lebaran dari 2 Mei sampai 8 Mei 2022," ungkapnya kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (10/5/2022). Menurut dia, terjadi peningkatan angka kunjungan sebanyak 30 persen dari tahun sebelumnya.

Ia bersyukur, lonjakan kunjungan selama libur lebaran tanpa insiden menonjol.

"Alhamdulillah, nihil kejadian," katanya.

Dilihat dari data yang dirilis Disparbud Kampar, jumlah kunjungan tertinggi ditempati Puncak Tanjung Alai.

Pemandangan alam di perbukitan Jalan Lintas Riau-Sumatera Barat Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar ini dikunjungi sebanyak 25.472 wisatawan.

Destinasi wisata yang lain dikunjungi kurang dari 10.000 wisatawan. Kunjungan terbanyak disusul Dermaga Tepian Mahligai Taman Seribu Bunga di Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar. Jumlahnya 8.046 wisatawan.

Sementara itu, destinasi wisata di perbukitan sekitar Waduk Koto Panjang masing-masing dikunjungi hampir 7.000 wisatawan. Seperti Puncak Kompe dan Ulu Kasok yang sudah populer sejak beberapa tahun belakangan.

Sementara itu, ada empat destinasi yang dikunjungi antara 7.000 sampai 8.000 wisatawan. Yakni, Pulau Cinta Teluk Jering Desa Teluk Kenidai Kecamatan Tambang, Sungai Hijau di Desa Salo Kecamatan Salo, Sungai Gelombang di Desa Sipungguk Kecamatan Salo dan Play Smart Topaz di Desa Petapahan Kecamatan Tapung.

Data itu belum menyajikan jumlah kunjungan di tiga destinasi wisata. Terdiri dari Pulau Ranta di Kecamatan XIII Koto Kampar, Pulau Ghindu Desa Kuapan Kecamatan Tambang dan Subayang Holiday di Sungai Subayang Kecamatan Kampar Kiri. "Data belum diberi," kata Zulia.***