PEKANBARU - Tidak berfungsinya sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) menyebabkan beberapa ruas jalan di Kota Pekanbaru gelap dimalam hari. Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Tengku Ardi Dwisasti mengatakan, hal itu disebabkan adanya pencurian dan pengrusakan komponen PJU oleh orang tak dikenal (OTK).

"Kebanyakan lampunya tidak berfungsi karena dirusak dan dicuri. Ada yang mencuri kabel bawah tanah, dan bagian tembaga trafo PJU," jelasnya, Minggu, (3/11/2019).

Ardi menuturkan, sejumlah ruas jalan yang masih gelap karena kerusakan PJU itu diantaranya di Jalan SM Amin, Jalan Naga Sakti, Jalan HR Soebrantas dan Jalan Tuanku Tambusai. Kemudian di Jalan Air Hitam dan sebagain Jalan Soekarno-Hatta.

Ardi juga mengatakan, bahwa pihaknya sudah pernah melakukan penggantian komponen PJU yang rusak, namun pencurian kembali terjadi. Sementara anggaran yang terbatas, penggantian tidak dapat dilakukan lagi.

"Kita pernah ganti, tapi dicuri lagi. Alat PJU yang rusak itu cukup mahal, misalkan kabel atau tembaga trafonya," paparnya.

Terkait hal itu, Ardi mengatakan pihaknya berencana untuk menggunakan PJU tenaga Surya untuk mengganti sejumlah PJU yang rusak.

"Supaya tidak dicuri lagi, kita berencana mengganti dengan PJU tenaga surya. Sudah kita ajukan untuk penggantian dan perbaikan pada APBD Perubahan," ungkapnya.***