SELATPANJANG, GORIAU.COM - Pasca penyampaian nota keuangan oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti berpacu menyelesaikan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD). Langkah ini dilakukan agar pengesahan RAPBD tersebut bisa cepat dilakukan.

Seperti yang dilakukan oleh Komisi I DPRD Meranti, Jumat (28/2/2014), yang membuat jadwal pembahasan dengan bagian humas Setdakab Kepulauan Meranti yang merupakan mitra kerjanya.

"Hari ini kami mematok waktu selesai pembahasan dengan mitra kerja selama sehari penuh. Kami menarget Rabu sudah disampaikan hasil pembahasan ke Banggar," jelas Ketua Komisi I Dedi Putra usai pembahasan dengan Bagian Humas.

Menurutnya, mitra kerja Komisi I terkait dengan bidang aparatur pemerintahan dan hukum. Diantaranya Bagian Umum, Bagian Humas, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Ortal, Kecamatan, dan beberapa dinas dan kantor lainnya. Dedi mengharapkan seluruh kepala SKPD hadir dengan dokumen RAPBD yang lengkap saat pembahasan.

Dia menegaskan, pembahasan ini menjadi alat kontrol bagi DPRD agar anggaran benar-benar sesuai dengan kinerja dan harapan masyarakat. Atas dasar itulah dia mengaku seluruh anggota Komisi I hadir dalam setiap pembahasan dengan kepala SKPD yang menjadi mitra.

Berdasarkan pantauan saat pembahasan dengan Bagian Humas kemarin, seluruh anggota Komisi I diantaranya Asmawi, Fauzi, Firdaus, dan Suryana aktif meminta penjelasan dan mengkritisi rancangan anggaran yang diajukan Bagian Humas. Mereka berharap Bagian Humas bisa terus menjalin kerjasama produktif dengan media massa, masyarakat dan mitra lainnya agar Kepulauan Meranti semakin dikenal di kalangan calon investor dan pemegang kebijakan baik di provinsi maupun di pusat.(hms)