AKTOR – laga Goerge Rudy baru memutuskan memeluk Islam tahun 1981. Namun, ketertarikannya terhadap agama Islam dan ingin menjadi mualaf sudah ada sejak 1977, ketika dia diharuskan menerankan adegan shalat. Begini kisahnya.

Dikutip dari suarajogja.id, aktor pemeran Brahma Kumbara ini memutuskan memeluk Islam karena sangat takjub dengan manfaat wudhuk. Meski usianya kini tak muda lagi, namun Rudy terlihat masih bugar.

Menurut Rudy, rahasianya adalah berwudhuk. Air wudhu, kata Rudy, merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah SWT untuk umatnya.

Sejak menjadi mualaf, Rudy merasa dirinya banyak mendapat pertolongan dari Allah SWT.

'"Ada juga beberapa yang menanyakan, bagaimana jalan saya menjadi mualaf, saya mulai pada tahun 1977 pada saat syuting Balada Dua Jagoan, di mana dalam satu adegan saya harus melaksanakan shalat,'' ungkapnya, dikutip Hops.ID--jaringan Suara.com--melalui kanal YouTube Hidayatullah TV pada Jumat (15/4/2022).

Pada awal disuruh untuk melakukan adegan shalat, dirinya secara terang-terang mengatakan seorang non-Muslim. Namun sebagai aktor profesional, Rudy tetap melakukan adegan shalat itu hingga tuntas dan menyadari ada sesuatu yang aneh dslam jiwanya pada saat itu.

''Mungkin secara pribadi saya berpikir bahwa merasakan suatu naluri bahwa mungkin ini jalan hidup saya mendapatkan hidayah dari Allah, setelah itu saya kembali lagi melaksanakan syuting selanjutnya,'' ungkap Rudy.

Pada tahun 80-an, ia kemudian tertarik untuk mempelajari agama Islam, salah satunya mengenai wudhu dan kitab suci Alquran.

''Dan alhamdulillah pada tahun 81, bulan Maret kalau nggak salah, saya diislamkan dan memang sudah merasakan bahwa saya pribadi akan masuk Islam,'' ungkapnya.

Rudy mengucapkan dua kalimat syahadat dibimbing ulama besar, Buya Hamka. Oleh Buya Hamka, George Rudy diberi nama Islam yakni Abdul Hadi, yang berarti 'diberi petunjuk'.

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, Rudy mengaku merasakan kebanggaan dan kebahagiaan yang luar biasa.***